Zaman Batu 

 Zaman Batu 

 Zaman Batu 
Zaman batu yaitu zaman ketika manusia mulai mengenal alat-alat yang terbuat dari batu. Pada zaman ini, bukan berarti alat-alat dari kayu atau bambu tidak dibuat. Alat yang terbuat dari bahan kayu atau bambu mudah rapuh, tidak tahan lama seperti dari batu, bekas-bekas peninggalannya tidak ada lagi.
1. Zaman Batu Tua (Paleolitikum)
Zaman batu tua (Paleolitikum diperkirakan berlangsung selama masa Kala Plestosen kira-kira 600.000 tahun yang lalu. Pada zaman batu tua , alat-alat budaya yang ditemukan terbuat dari batu yang dibuat dengan sangat kasar serta sederhana. Cara pembuatannya hanya dibentur-benturkan antara batu yang satu dengan lainnya. Alat-alat budaya dari zaman batu ini banyak ditemukan di pulau Jawa. Alat-alat budaya yang ditemukan terbuat dari batu yang dibuat dengan kasar serta sederhana. Berdasarkan tempat penemuannya, hasil kebudayaan zaman batu tua dibagi menjadi dua yaitu:

Ø Kebudayaan Pacitan

Tahun 1935 Von koenigswald mengadakan penggalian di kali Baksoko, desa Punung, Pacitan, Jawa Timur dan menemukan alat-alat dari batu berupa kapak genggam, kapak perimbas, kapak penetak,pahat genggam. Disamping itu, dikomplek kebudayaan Pacitan banyak ditemukan alat-alat yang berukuran lebih kecil yang dinamakan flakes (alat serpih). Alat-alat batu dari Pacitan ditemukan pada lapisan Trinil yang termasuk lapisan Plestosen tengah. Disamping didaerah Pacitan, alat-alat batu sejenis juga terdapat didaerah-daerah Sukabumi, Gombong, Tambang sawah (Bengkulu), Lahat (Sumatra Selatan), Lampung, Kalimantan Selatan, Bali, Flores, Sumbawa.
baca juga :