Tips Perawatan Ikan Manfish

Tips Perawatan Ikan Manfish

Tips Perawatan Ikan Manfish

Tips Perawatan Ikan Manfish
Tips Perawatan Ikan Manfish

Ikan manfish memiliki warna-warni yang cukup bervariasi. Tubuhnya berbentuk pipih dengan postur ibarat anak panah. Ikan ini mempunyai sirip punggung dan sirip perut yang membentang lebar hingga ke ekornya. Di adegan dada ikan ini terdapat dua sirip yang juga menjuntai hingga ke adegan ekor. Ikan manfish ialah ikan omnivora yang cenderung mendapatkan banyak sekali macam materi makanan. Jika Anda tertarik memelihara ikan manfish, simak panduan perawatannya sebagai berikut!

Perawatan Telur dan Burayak

Proses penetasan telur ada baiknya dikerjakan di dalam akuarium khusus yang berukuran 60 x 50 x 40 cm. Isilah akuarium dengan air bersih hingga ketinggiannya 30 cm, lalu tambahkan obat anti jamur berupa methyline blue dengan dosis 1 ppm.

Akuarium penetasan telur juga harus dilengkapi dengan water heater untuk menjaga kestabilan suhu air di kisaran 27-28 derajat celsius. Setelah persiapan akuarium rampung, Anda mampu memindahkan substrat dari akuarium pemijahan ke akuarium penetasan telur.

hiu megalodon – Pada umumnya, telur ikan manfish akan menetas setelah umurnya berkisar antara 2-3 hari. Prosentase keberhasilan telur yang menetas biasanya sekitar 70-90 persen. Setelah semua telur menetas, keluarkan substrat dari dalam akuarium. Burayak ikan manfish ini lantas dipelihara di dalam akuarium penetasan telur hingga usianya 14 hari.

Burayak ikan manfish mampu diberi makanan berupa naupli, arthemia, atau pakan yang ukurannya sesuai dengan ekspresi ikan. Boleh menunjukkan daphnia asalkan dicincang hingga halus terlebih dahulu. Setiap hari, burayak ikan manfish diberi makanan sebanyak 2 kali dengan dosis secukupnya. Setelah burayak tersebut berumur 1 bulan, Anda mampu mengganti pakannya menjadi cacing tubifex.

Perawatan Selama Pembesaran

Lakukan penjarangan setelah ikan manfish berumur 2 ahad biar pertumbuhannya lebih optimal dan tingkat persaingannya mampu diminimalisir. Pendederan kemudian dilakukan hingga usia ikan manfish ini sekitar 1 bulan. Pemeliharaan selanjutnya dilakukan di bak pembesaran.

Untuk keperluan pembesaran, Anda mampu menggunakan bak yang terbuat dari beton atau fiberglass. Usahakan air di dalam bak pembesaran ini selalu mengalir biar kebersihannya selalu terjaga. Tingkat kepadatan populasi ikan manfish di dalam bak yang ideal yakni 100 ekor/m2.

Selama pembesaran, Anda mampu memberi pakan berupa pelet dan cacing tubifex. Masa pembesaran dilakukan hingga ukuran ikan ini bertambah menjadi 3-5 cm. Ikan-ikan manfish yang memiliki kualitas unggul sebaiknya tetap dipertahankan untuk dipakai sebagai ikan indukan dalam proses pemijahan berikutnya.