Tingkatkan Kerjasama Industri Pertanian

Tingkatkan Kerjasama Industri Pertanian

Tingkatkan Kerjasama Industri Pertanian

Tingkatkan Kerjasama Industri Pertanian
Tingkatkan Kerjasama Industri Pertanian

Sebagai lembaga pendidikan yang bergerak di bidang pertanian, maka SMK Al Irsyad

Jambi mengedepankan skill dan kemampuan siswa didik dalam bidang tersebut. Saat ini, tata pengajarannya pun sudah semakin modern serta menggunakan teknologi modern pula.

Kepala SMK Al Irsyad Jambi, Reno Fachrudin menuturkan saat ini perkembangan idustri pertanian sudah semakin pesat. Teknik yang digunakan pun terus mengalami perubahan dan kemajuan. Bahkan, semakin praktis dan moderen saja.

Kecanggihan teknologi pun dimanfaatkan dalam budidaya suatu tanaman

, guna mencapai hasil yang maksimal. “Seperti pengembangan hidroponik, meski lahan terbatas tetap bisa dilakukan, malah hasilnya lebih baik,” ungkapnya.

Selain memotivasi siswa didik dengan kecanggihan dan kemudahan yang ada, SMK Al Irsyad Jambi juga terus mengupayakan kerjasama dengan industri pertanian. Kerjasama ini berbentuk pelatihan dan pengalaman langsung kepada peserta didik.

“Misalnya pada industri budidaya tanaman anggrek, maka perlu diberikan pemahaman mendalam pada siswa

tentang budidaya anggrek serta hal lainnya,” terang Reno.

Lebih lanjut dia mengatakan saat ini tantangan dunia kerja sudah semakin kuat. Begitu pula pada dunia kerja di bidang pertanian. Diperlukan skill dan keahlian mendalam agar bisa berdaya saing.

Selain itu, ilmu dan keterampilan yang diberikan sebagai bekal kepada siswa didik bagi yang ingin membuka peluang usaha. Dengan begitu, saat lulus siswa tidak hanya mengandalkan lapangan kerja, tetapi juga dapat mandiri, bahkan membuka kesempatan kerja bagi yang lainnya.

“Maka, perlu ke depannya kita perkuat lagi kerjasama dengan industri pertanian guna menambah ilmu dan wawasan siswa didik tersebut,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/38LTHBN