Table of Contents

Susuk KB

Orang awam mengenal susuk kontrasepsi dengan sebutan implant. Dalam bahasa kedokteran, susuk kontrasepsi disebut norplant. Susuk penunda kehamilan ini ditanamkan dalam lengan seorang wanita. Bentuknya kecil seukuran dengan batang korek api. Ketika bekerja, susuk KB akan melepaskan hormon yang mencegah produksi sel telur di dalam indung telur. Masa aktif susuk kontrasepsi adalah lima tahun. Setelah pemakaian lima tahun, penggunanya bisa mengganti yang baru.

Peluang keberhasilan pencegahan kehamilan dengan metode susuk sangat besar. Bahkan ada yang menyatakan keberhasilannya mencapai 99 persen. Namun masalah yang dihadapi oleh pemakai susuk adalah ada kalanya susuk yang ditanamkan tidak hanya berdiam diri di lengan, tapi beredar ke anggota tubuh lainnya. Kasus ini biasanya terjadi pada wanita pekerja keras. Meski jarang terjadi, namun para wanita harus hati-hati dalam memilih metode kontrasepsi susuk.

4. Suntik KB

Suntik KB adalah metode menunda kehamilan wanita dengan cara injeksi atau menyuntikkan hormon ke dalam tubuh wanita dalam volume tertentu. Metode kontrasepsi suntik KB disebut juga depo-provera. Cara kerja suntik kontrasepsi adalah sama dengan Pil KB. Hormon yang telah disuntikkan melalui pantat atau lengan seorang wanita akan bekerja mencegah terjadinya produksi sel telur oleh indung telur. Suntik KB dilakukan setiap tiga bulan sekali. Peluang keberhasilan cara menunda kehamilan dengan suntik KB mencapai 99 persen.

Cara menunda kehamilan seperti ini menjadi pilihan populer bagi pasangan suami isteri karena harganya yang relatif murah. Terutama bagi para suami yang tidak ingin ribet memakai alat kontrasepsi untuk berhubungan intim, maka cara ini sangat tepat dipakai. Sebagian wanita ada yang mengeluhkan badannya lebih mudah menjadi gemuk sejak memakai metode kontrasepsi suntik KB. Hal tersebut belum terbukti teruji secara medis dan kasusnya berbeda setiap wanita. Kegemukan badan bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama pola makan yang tidak sehat. Oleh karean itu para wanita jangan takut menjadi gemuk hanya karena menunda kehamilan dengan cara suntik KB.

Metode  manakah yang paling tepat untuk dipakai agar saat hubungan suami-istri tidak menyebabkan kehamilan? Hanya Anda sendiri yang tahu jawabnya. Karena sebagian orang memiliki alergi pada bahan-bahan kimia tertentu, misalnya alat kontrasepsi dengan rasa strawberry. Maka lebih baik komunikasikan dengan pasangan Anda mengenai cara apa yang nyaman dipakai berdua dan bisa mencegah terjadinya kehamilan.

Buat kalian pasangan muda-mudi yang belum menikah, harap tidak mempraktekkan cara pencegahan kehamilan yang sudah dijelaskan di atas, lebih baik menikah dulu agar tidak terjerat dosa dan tidak melanggar norma-norma susila. Menikah bisa menjadi alat yang tepat bagi kalian dalam menjaga kesehatan tubuh dan mental. Buat pasangan yang belum menikah, namun sudah berhubungan hubungan intim dan menggunakan kontrasepsi, awas nanti kebablasan lho tidak akan bisa mendapat keturunan walaupun itu diinginkan nantinya.

Sumber: https://gurupendidikan.org/