Sistem Religi

Sistem Religi

Sistem Religi

Masa bercocok taam, masyaraat sudah ercaya engan adaya kkuatan ghaib atau atau hal hal yang menakutkan diluar kekuatan manusia. Selain itu, merea juga memuja roh nenek moyangnya. Kadang kala, kalumlihat pohon yang besar dan tinggi dan rimbun, manusia merasa takut. Kengerian itu disebabkan adanya anggapan bahwa ohon itu berpenghuni.
Mereka juga memuja batu besar serta binatang yang meautkan. Kekuatan alam seperti gunung meletus, topan, banjir, petir dll.
Selain mmuja benda dan binatang, mereka jga memua roh nenek moyang. Untuk tempat turuna roh nenek moyang inilah dibangun Megalithikum yang umumnya dibuat dari batu iti utuh yang kebudian dbahatatau dibentuk.
Sistem kepercayaan masarakat pada masa ini adalah Dinamisme dan Animisme. Dinamisme adalah percaya adanyakekuaan ghaib ang terapat ada benda-benda tertentu. Contohnya pohon, batu, gunung, ga, senjata dan jimat. Animisme adalah kepercayaan atau roh tidak hanya ada pada mahluk hidup.

4. Masa Perundagian

Masarakat ini semakin maju mengenal logam dan berkemampuan mengolah logam. Banyak peralatan manusia semakin sempurna karena telah megenal masa perundagia (pertukangan).
sumber :