Psikologi dan Linguistik

Psikologi dan Linguistik

Psikologi dan Linguistik

Psikologi dan Linguistik

 Secara umum

psikologi lazim diartikan sebagai bidang ilmu yang mempelajari perilaku manusia melalui pengkajian terhadap hakikat rangsangan, hakikat reaksi terhadap rangsangan tersebut, dan hakikat proses-proses akal yang terjadi sebelum reaksi dimaksud. Secara sederaha dapat dikatakan bahwa psikologi mengkaji perilaku manusia yang timbul akibat adanya rangsangan tertentu. Di dalam perilaku manusia ini termasuklah perilaku bahasa.

 

Tidak banyak yang diketahui ahli psikologi mengenai bahasa.

Karena itulah, dalam memerikan perilaku bahasa manusia, mereka memerlukan analisis kebahasaan dari ahli-ahli lingusitik.

 

Linguistik adalah

cabang ilmu yang mempelajari hakikat dan struktur bahasa. Hakikat bahasa yang dimasudkan meliputi bahasa sebagai system bunyi, system yang arbitrer, system makna, dan sebagainya. Struktur bahasa yang dimaksudkan adalah fonem, morfem, dan kalimat.

            Linguistic tidak membahas perilaku bahasa manusia, dalam pengertian bagaimana bahasa dipahami (decoding) dan diproduksi (encoding) oleh manusia. Perilaku, secara spesifik, menjadi objek kajian psikologi. Karena itulah, dalam rangka memehami perilaku bahasa manusia, linguistic memerlukan analisis psikologi.

Baca :