Pengertian Portofolio

Pengertian Portofolio

Menurut ahli keuangan J Fred Weston

portofolio dapat diartikan sebagai kombinasi atau gabungan berbagai aktiva. Aktiva itu dapat diartikan sebagai investasi surat berharga finansial seperti deposito, properti, atau real estate, obligasi, saham, dan bentuk penyertaan lainnya. Dalam dunia usaha, hampir semua pemilik modal memiliki sikap sebagai penghindar risiko (risk aventer) yang artinya tidak mengingini suatu risiko yang mengakibatkan kerugian atau pengurangan nilai investasi.

Namun dalam kenyataannya, hampir semua bentuk investasi atau usaha mengandung risiko, apalagi yang bersifat jangka panjang. Jika seorang investor menginginkan keuntungan besar maka kemungkinan  risiko yang akan dihadapi dan diterima juga relatif besar, demikian juga sebaliknya. Masalahnya adalah bagaimana melakukan suatu kegiatan usaha atau investasi agar risiko yang diterima sekecil mungkin. Untuk itulah diperlukan diversifikasi investasi dalam bentuk portofolio.

Menurut Maruddani dan Purbowati (2009), untuk mendapatkan suatu portofolio yang optimal, pengoptimalan dilakukan dengan cara meminimumkan varian dari portofolio menggunakan metode Mean Variance Efficient Portofolio (MVEP) agar bobot alokasi dana (W) optimal.


Baca Juga :