Pengertian Dan Jenis Perusahaan

Pengertian Dan Jenis Perusahaan

Pengertian Dan Jenis Perusahaan

 

Pengertian Dan Jenis Perusahaan

Pengertian Perusahaan

Perusahaan adalah alat bagi badan usaha untuk menghasilkan barang atau jasa yang akan dijual guna mendapatkan laba. Sesuai dengan pengertian tersebut, perusahaan adalah tempat berlangsungnya proses produksi barang dan jasa.

Jenis Perusahaan Berdasarkan Lapangan Usahanya:

 

a. Perusahaan ekstraktif

Perusahaan ekstraktif adalah perusahaan yang kegiatan usahanya mengambil secara langsung benda atau barang yang tersedia di alam. Contohnya seperti perusahaan pertambangan, perusahaan penangkap ikan, perusahaan penebangan kayu, dan perusahaan pembuatan garam.

 

b. Perusahaan agraris

Perusahaan agraris adalah perusahaan yang kegiatan usahanya mengolah sumber daya alam yang dapat diperbarui sehingga dapat menghasilkan produk yang dapat langsung memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya seperti perusahaan pertanian, perkebunan, petemakan, dan perikanan darat.

 

c. Perusahaan industri

Perusahaan industri adalah perusahaan yang kegiatan usahanya mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi (bahan baku) atau sampai menjadi barang jadi.

Contohnya:

1. Perusahaan tekstil, yailu mengolah kapas menjadi kain yang kemudian oleh perusahaan garmen diubah menjadi produk pakaian jadi.
2. Perusahaan mebel, yaitu mengolah bahan mentah dari kayu atau rotan menjadi barang jadi, seperti kursi, lemari, dan lain-lain.

d. Perusahaan perdagangan

Perusahaan perdagangan adalah perusahaan yang kegiatan usahanya membeli produk berupa barang atau jasa dari perusahaan ekstraktif, agraris, industri, dan jasa yang kemudian dijual kembali kepada konsumen. Contohnya seperti usaha perdagangan dari mulai yang besar sampai yang kecil seperti supermarket, mall, grosir, dan warung.

e. Perusahaan jasa

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatan usahanya menjual jasa untuk para konsumen (pemakai) dengan memperoleh imbalan. Perusahaan jasa dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu jasa transportasi dan perusahaan jasa lain.

1. Jasa transportasi adalah jasa pengangkutan orang atau barang hasil produksi dari satu tempat ke tempat lain.
Contohnya bus, mini bus, taksi, dan truk.

2. Perusahaan jasa lain meliputi berikut:
a. Jasa untuk membantu proses produksi, misalnya jasa bank, pergudangan.
b. Jasa yang langsung ditujukan kepada para konsumen (pemakai), misalnya jasa asuransi, penjahit,
bengkel,dokter, dan lain-lain.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :