Pengertian Bauran Pemasaran

Pengertian Bauran Pemasaran

Pengertian Bauran Pemasaran

Pengertian Bauran Pemasaran
Pengertian Bauran Pemasaran

 

Pengertian marketing mix lainnya adalah

kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan lain dari sistem pemasaran perusahaan, yakni : produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi. Keempat variabel tersebut dapat dikombinasikan dan saling berkaitan satu sama lain sehingga keputusan di satu bagian akan mempengaruhi tindakan dibagian lain, sebagaimana halnya konsep sistem.

 

Produk (product)

Menurut Kotler dan Armstrong (2001:346),  produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.

Produk adalah  segala sesuatu yang meliputi obyek fisik, jasa, tempat, organisasi, gagasan, ataupun pribadi yang dapat ditawarkan produsen untuk diminta, dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan dan keinginannya.

 

Produk dapat digolongkan menurut tingkat pemakaiannya sebagai berikut :

    1. Produk Tahan Lama (Durable Goods)

Barang – barang yang secara normal dapat dipakai berkali – kali, bisa digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama. Misalnya ; pakaian, kacamata, penggaris, dan sebagainya.

  1. Produk Tidak Tahan Lama (Non Durable Goods)

Barang – barang yang secara normal hanya digunakan satu kali atau beberapa kali saja, artinya sekali barang itu digunakan akan habis dan rusa. Misalnya ; sabun, makanan, dan sebagainya.

Jasa

Kegiatan, manfaat, atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual. Misalnya ; jasa potong rambut, jasa reparasi, jasa pendidikan, dan sebagainya.

Produk dapat digolongkan menurut tujuan pemakaiannya sebagai berikut :

    1. Produk konsumsi ; produk yang dibeli untuk dikonsumsikan.

Berdasarkan kebiasaan membeli konsumen produk dikelompokkan lagi menjadi 3 golongan, yaitu :

– Produk Konvenien

– Produk Shopping

– Produk Spesial

 

  1. Produk Industri ; barang yang dibeli untuk diproses kembali atau untuk kepentingan perusahaan. Produk industri dibedakan lagi menjadi 5 golongan sebagai berikut :- Bahan baku- Komponen dan barang setengah jadi- Perlengkapan operasi- Instalasi-Peralatan ekstra

 Harga (price)

Harga adalah apa yang harus diberikan oleh pembeli untuk mendapatkan suatu produk (Lamb,dkk, 2001:56). Harga adalah nilai pertukaran atas manfaat produk bagi konsumen maupun bagi produsen yang umumnya dinyatakan dalam satuan moneter (rupiah, dollar, yen, ruppe, dan sebagainya).

Faktor penentu harga :
Faktor Internal

– Tujuan pemasaran (biaya, penguasaan pasar, dan usaha)

– Strategi marketing-mix (aspek harga dan non-harga)

– Organisasi (struktur, skala, dan tipe
Faktor eksternal

– Elastisitas permintaan dan kondisi persaingan pasar

– Harga pesaing dan reaksi pesaing terhadap perubahan harga

– Lingkungan eksternal yang lain, lingkungan mikro maupun lingkungan makro

Tahap penentuan harga :

  1. Memilih tujuan dan orientasi harga
  2. Memperkirakan permintaan produk dan perilakunya
  3. Memperkirakan biaya dan perilakunya
  4. Melakukan analisis perilaku pesaing
  5. Menyesuaikan harga akhir

Promosi (promotion)

Menurut Kotler dan Amstrong (2001:74),  promosi merupakan aktivitas mengkomunikasikan keunggulan produk serta membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya. Peran promosi dalam bauran pemasaran adalah menghasilkan pertukaran yang saling memuaskan dengan pasar yang dituju melalui penyampaian informasi mendidik, membujuk, atau mengingatkan mereka akan manfaat suatu organisasi atau suatu produk.

Menurut Irwan, dkk. (153: 1996). Inti promosi adalah komunikasi. Hal-hal yang perlu diperhatikan agar komunikasi berjalan efektif adalah sebagai berikut:

– Apa yang akan disampaikan?Merupakan isi pesan yang akan disampaikan.
– Kepada siapa akan disampaikan?Merupakan sasaran komunikasi.
– Siapa yang akan menyampaikan?Merupakan komunikator yang akan menyampaikan.
– Bagaimana cara menyampaikan?Merupakan media apa yang akan dipakai.
Kapan disampaikan?Merupakan waktu dari kegiatan komunikasi.

Beberapa macam media untuk promosi sebuah produk :

  • Media periklanan berupa ;
  1. Media cetak (printed matters) berupa koran, majalah, iklan pos, katalog, buletin, tiket.
  2. Media elektronik berupa  radio, film, komputer, telepon, faksimil, video.
  3. Pajangan di luat (outdoor) berupa poster, pamflet, papan reklame, spanduk.

Jenis periklanan :

  • Periklanan lembaga atau institusi (bank, biro jasa, supermarket)
  • Periklanan merk (toyota, pepsoden, panadol)
  • Periklanan jenis barang tertentu (iklan pelayanan masyarakat)
  • Periklanan penjualan (pada kesempatan – kesempatan tertentu)

Periklanan dapat dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu :

  • Periklanan informatif
  • Periklanan persusasif
  • Periklanan yang mengingatkan kembali
  1. Distribusi (place)

Pendistribusian adalah kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar serta mempermudah penyampain produk dan jasa dari produsen kepada konsumen sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperluka.

Menurut Lamb (2001:56), tempat merupakan distribusi secara fisik, yang mencakup semua aktivitas bisnis yang berkaitan dengan penyimpanan dan pengangkutan sejumlah bahan baku atau produk jadi. Tempat sering dikaitkan dengan strategi distribusi suatu produk. Strategi distribusi berkaitan dengan upaya membuat produk tersedia kapan dan dimana konsumen membutuhkannya. Jadi pendistribusian diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.  Tujuan dari distribusi adalah untuk memastikan bahwa produk tiba dalam kondisi layak pakai pada tempat yang ditunjuk pada saat diperlukan.

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/11142-rumus-volume-tabung