PENGERTIAN BANK SENTRAL

PENGERTIAN BANK SENTRAL

PENGERTIAN BANK SENTRAL

Bank Sentral di Indonesia adalah Bank Indonesia. Saat pemerintahan Hindia-Belanda, Bank ini sempat diberi nama de Javasche Bank. Sebagai Bank Sentral, Bank Indonesia (BI) memiliki satu tujuan besar yaitu mencapai dan menjaga stabilitas nilai rupiah. Bank Indonesia saat ini beralamatkan di Jalan MH Thamrin nomor 2, Jakarta 10350.

Pengertian Bank menurut Undang-undang nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lain dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Bank ada beberapa jenis jika dilihat dari fungsi, kepemilikan, status, dan kegiatan operasionalnya. Salah satu bank yang paling penting keberadaannya adalah Bank Sentral. Bank Sentral adalah instansi yang bertanggung jawab terhadap kebijakan moneter yang ada di suatu negara. Bank Sentral ada untuk memastikan bahwa negara memiliki keuangan yang stabil.

TUGAS BANK SENTRAL BERKAITAN DENGAN PEMERINTAH

Tugas Bank Sentral yang berkaitan dengan pemerintah antara lain menyediakan kredit terhadap pemerintah, membantu proses lelang dan penjualan surat hutang negara, mencetak dan memproduksi uang, mengatur kas pemerintah, melakukan pengedaran uang sebagai alat pembayaran yang sah, dan pemilik hak tunggal terhadap pencetakan uang.

TUGAS BANK SENTRAL BERKAITAN DENGAN PERBANKAN

Tugas Bank Indonesia selaku Bank Sentral terhadap perbankan antara lain menentukan suku bunga, mengembangkan kredit yang sehat, melakukan pembinaan terhadap semua bank yang ada, mendorong masyarakat membangun usaha yang produktif, melakukan pengaturan, pengendalian, dan ekspansi jaringan dan lalu lintas pembayaran.


Sumber: https://ins-conference.org/mine-quest-2-apk/