Pengaruh aspek internasional terhadap aspek mikro perusahaan

Pengaruh aspek internasional terhadap aspek mikro perusahaan

Suatu perusahaan memegang peranan penting sebagai pelaku dalam perdagangan internasional. Berikut ini ialah mengenai pengaruh-pengaruh ekonomis yang akan digolongkan menjadi tiga, yaitu:

  1. Pengaruh pada konsumsi masyarakat
  2. Pengaruh pada produksi
  3. Pengaruh pada distribusi pendapatan masyarakat

Ditinjau dari aspek mikro, pengaruh ekonomi internasional khususnya keuangan internasional dapat diilustrasikan dengan uraian dan skema berikut:

  1. Suatu perusahaan akan beroperasi tentu memerlukan input, baik yang berasal dari dalam maupun maupun luar negeri agar suatu perusahaan itu dapat berkembang dan berjalan sesuai dengan apa yang ada di dalam perusahaan. Dalam mengembangkan perusahaan tidak semua hanya kerjasama antar perusahaan lokal saja, bisa jadi juga perusahaan luar negri bisa membatu proses input perusahaan agar perusahaan itu bisa mengembangkan perusahaannya di dalam dan luar negri.  Variabel yang memnentukan biaya input atau operasional cost tersebut adalah P (price) dan Q(quantiti). Input yang digunakan dalam hal ini variabel PdanQ dari input yang digunakan tersebut, secara langsung maupun tidak langsung akan dipengaruhi oleh fruktuasi kurs valas (forex rate). dengan demikian dapat dikatakan bahwa total operasional cost suatu perusahaan akan dipengaruhi oleh fruktuasi kurs valas. [4]
  1. Sebaliknya Perusahaan akan memasarkan produknya di dalam maupun luar negeri dalam hal ini variabel yang menuntukan besarrnya revenuwe atau permintaan yang akan diperoleh adalah P (price) dan Q( quantity ) produk yang dihasilkan dan terjual. Maka semakin banyak permintaan akan semakin banyak untung yang didapat oleh suatu perusahaan atau lagi memasarkan barang atau produk itu di luar negeri akan semakin banyak permintaan dan laba dari semua perusahaan akan semakin meningkat.
  2. Dan tingkat keuntungan atau profit perusahaan akan ditentukan oleh selisih antara total revenue dan total cost, maka secara mikro ekonomi, baik langsung atau secara tidak langsung, ekonomi dan keuangan internasional berpengaruh terhadap perusahaan. Dan apabila perusahaan lokal bekerjasama dengan perusahaan luar negeri maka pendapatan perusahaan tersebut akan semakin bertambah dan laba akan menjadi naik.

 

sumber :