PENELITIAN AGAMA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN FILOLOGI

   Penelitian agama dengan menggunakan pendekatan filologi dapat di bagi dalam tiga pendekatan. Perlu di tekankan di sini bahwa ketiga pendekatan dimaksud tidak terpisah secara ekstrem; pendekatan-pendekatan itu bias over lapping, salaing melengkapi, atau bahkan dalam sudut pandang tertentu sama. Ketiga pendekatan tersebut adalah:

  1. Pendekatan Tafsir

Metode tafsir merupakan metode tertua daam pengkajian agama.sesuai dengan namanya, tafsir berarti penjelasan, pemahaman dan perincian atas kitab suci, sehingga isi pesan kitab suci dapat di pahami sebagaimana di khendaki oleh Tuhan.

                           Adapun metode penafsiran yang berkembang dalam tradisi intlektual islam dan cukup populer yaitu:

Tafsir tahlili, adalah metode menafsirkan Al-Qur’an dengan cara menguraikan secara detail kata demi kata, ayat demi ayat dan surat demi surat yang ada dalam Al Qur’an dari awal hingga akhir.

Tafsir ijmali, adalah cara menafsirkan ayat-ayat dalam kitab suci dengan cara menunjukkan kandungan makna kitab suci secara global, dan penjelasannya pun biasanya secara global pula.

Tafsir muqarin, adalah metode menafsirkan kitab suci dengan cara membandingkan ayat Al Qur’an dengan ayat lainnya yang memiliki kemiripan redaksi,baik dalam kasus yang sama maupun berbeda.

Tafsir maudlu’i, di sebut juga dengan tafsir tematik, adalah cara menafsirkan kitab suci dengan cara meng himpun ayat-ayat Al Qur’andari berbagai surat yang berkaitan dengan persoalan atau topic yang di tetapkan sebelumnya (Quraish Shihab, 1992: 87).

  1. Content Analysis

Penelitian dengan metode analisis isi digunakan untuk memperoleh keterangan dari isi komunikasi, yang di sampaikan dalam bentuk lambang yang tardokumentasiatau dapat di dokumentasikan.

  1. Hermeneutika

Hermeneutika merupakan metode bahkan aliran dalam penelitian kualitatif, khususnya dalam memahami makna teks( kitab suci, buku, undang-undang dan lain-lain) sebagai sebuah fenomena s0sial budaya. Fungsi metode Hermeneutika adalah agar tidak terjadi distori pesan atau informasi antara teks, penulis teks, dan pembaca tek

 

Sumber :

https://menitpertama.id/pet-salon-apk/