Pemrosesan InformasiPemrosesan Informasi

Pemrosesan informasi pada remaja terfokus pada memori dan pemfungsian eksekutif.

  1. Memori Jangka Pendek

Memori jangka pendek lebih banyak difungsikan oleh remaja usia awal untuk menyelesaikan masalah analog. Pada remaja memori jangka pendek ini memiliki kapasitas ruang yang lebih besar dari pada yang lainnya, sehingga kemungkinan lebih banyak digunakan untuk memproses informasi yang diperolehnya.

  1. Working Memory

Working memory adalah teori yang menyatakan keadaan ketika individu melakukan aktifitas berpikir dengan ,melibatkan ingatan dalam waktu yang singkat dengan memanfaatkan tugas verba maupun visio spasial dalam memproses informasi.

  1. Memory Jangka Panjang

Memori jangka panjang meningkat pada usia anak anak akhir / remaja awal, dan kemungkinan akan terus meningkat, memori jangka panjang  bergantung pada proses pembelajaran anak dan partisipasinya ketika belajar dikelas dan mengingat informasi.

  1. Fungsi Eksekutif

Fungsi Eksekutif adalah jenis proses kognitif tingkat tinggi yang kompleks, karena fungsi ini mengarahkan individu untuk berpikir kritis dan mengambil keputusan, pada masa remaja pemfungsian eksekutif ini meningkat drastis, hal ini disebabkan masa remaja adalah masa meningkatnya mengambil keputusan, entah itu tentang memilih teman, pendidikan bahkan karier. Namun menurut hasil beberapa study menyatakan bahwa remaja awal tidak begitu kompeten dalam mengambil keputusan dibanding remaja akhir, dalam mengambil keputusan remaja akhir cenderung lebih memikirkan resiko logis yang akan terjadi sementara remaja awal hanya mberfikir mengenai kepuasan dirinya.

Sumber :

http://rahmad.blog.unismuhpalu.ac.id/jasa-penulis-artikel/