Panduan Menulis Skripsi dengan OpenOffice.org/LibreOffice

Panduan Menulis Skripsi dengan OpenOffice.org/LibreOffice

Panduan Menulis Skripsi dengan OpenOffice.org/LibreOffice
Panduan Menulis Skripsi dengan OpenOffice.org/LibreOffice

Skripsi/Tugas akhir merupakan

momok bagi sebagian mahasiswa. Bukan hanya tentang mencari datanya saja yang memusingkan kepala. Dalam proses penyajiannya pun sering kali menemukan kendala. Biasanya kendala yang dimaksud berkaitan dengan pengetikan naskah agar sesuai dengan format dan kaidah yang telah ditetapkan, dimana format halaman bisa jadi berbeda dengan format halaman lainnya.

Untuk itu, tulisan ini dibuat sebagai panduan, agar mahasiswa dapat menghemat waktu pengerjaan skripsi/tugas akhir (maupun tugas lainnya) dan terbebas dari tekanan hal-hal yang tidak perlu. Panduan ini sebenarnya bertujuan untuk membukakan mata akan kekuatan suatu aplikasi word processing. Aplikasi ini sebenarnya memiliki berbagai fitur yang memudahkan kerja, hanya saja mungkin selama ini terabaikan karena kita terbiasa memperlakukanya sebagai “mesin tik” elektronik. Sebagai catatan, panduan ini dibuat berdasarkan fitur pada OpenOffice.org/LibreOffice Writer versi terbaru. Bila tampilannya berbeda dengan versi sebelumnya atau sesudahnya, harap disesuaikan dengan menu yang dipilih.

Mengapa OpenOffice.org/LibreOffice Writer yang digunakan? Alasannya, selain karena merupakan aplikasi open-source yang berarti kita mendukung aksi anti pembajakan, file yang dihasilkan (ekstensi .odt) juga relatif aman dari serangan virus. Seperti kita ketahui bahwa ada virus lokal yang mampu menyerang file Microsoft Word (ekstensi .doc). Bayangkan jika kita telah mengetik sekian banyak halaman, siang dan malam, tiba-tiba flash disk atau komputer kita terinfeksi virus tersebut. Selain itu, dalam panduan ini hanya disajikan sebagian kecil fungsi di dalam OpenOffice.org/LibreOffice Writer. Semua yang disajikan diupayakan hanya yang berkaitan dengan pengetikan skripsi saja. Selamat mencoba, selamat mengetik skripsi, semoga bermanfaat.

Pendahuluan

OpenOffice.org/LibreOffice Writer adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) yang terdapat pada paket OpenOffice.org/LibreOffice. OpenOffcie.org/LibreOffice Writer ini sangat mirip dengan Microsoft word dan Corel Word Perfect, oleh karena itu Writer dapat menjadi pilihan utama sebagai pengganti Ms Word. Sebelum menulis sebuah skripsi, diperlukan pengetahuan dasar dari OpenOffice.org/LibreOffice Writer. Istilah semacam paragraph style, page style atau template harus sudah dikenal. Skripsi harus direncanakan dengan matang. Beberapa hal seperti menyisipkan gambar, daftar dan struktur dokumen harus sudah ditentukan sebelumnya.Selain itu, dibutuhkan juga pengetahuan tentang kaidah- kaidah penulisan yang telah ditentukan oleh Universitas/Fakultas/Jurusan/Program Studi yang bersangkutan, seperti jenis dan ukuran font, batas margin, penomoran halaman, dan lain sebagainya. Ada baiknya sebelum mengetik skripsi, Anda membuat catatan atau outline tulisan tangan mengenai bahan dan materi yang hendak disajikan. Setelah itu, ketik semua materi dengan tanpa style terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah terbuangnya waktu akibat tindakan coba-coba dalam menerapkan sebuah style, apalagi jika Anda tidak mempunyai komputer pribadi dan harus mengetik di rental komputer. Terakhir, jika Anda hendak menyisipkan suatu objek dalam skripsi Anda, misalnya gambar dan tabel, sebaiknya pisahkan dan simpan tersendiri.
Setelah melakukan langkah-langkah persiapan di atas, kita mulai dengan melakukan berbagai pengaturan. Pembahasan berikutnya mencakup trik-trik mengunakan berbagai fasilitas Writer agar dapat menghasilkan skripsi yang terstruktur, cantik, dan rapi dengan cara yang efektif dan efisien..

Menambahkan Footnote

Footnote atau catatan kaki digunakan untuk memasukkan keterangan atau referensi atas suatu kata, kalimat, istilah atau pengertian. Caranya pilih menu Insert > Footnote… Setelah itu akan tampil kotak dialog seperti Gambar 9. Biarkan saja dalam pilihan Automatic numbering dan Footnote type. Perbedaan antara Footnote dan Endnote adalah Footnote akan menempatkan catatan pada akhir halaman yang bersangkutan, sedangkan Endnote akan menempatkan catatan pada halaman terakhir dari suatu dokumen.

Baca Juga: