Nomor 4 Dunia, Robot Karya Mahasiswa Batam Kalahkan Tiongkok

Nomor 4 Dunia, Robot Karya Mahasiswa Batam Kalahkan Tiongkok

Nomor 4 Dunia, Robot Karya Mahasiswa Batam Kalahkan Tiongkok

Nomor 4 Dunia, Robot Karya Mahasiswa Batam Kalahkan Tiongkok
Nomor 4 Dunia, Robot Karya Mahasiswa Batam Kalahkan Tiongkok

Lagi anak bangsa menorehkah hasil di tingkat dunia. Kali ini dilakoni mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Para mahasiswa itu mengikuti kompetisi sepak bola robot tingkat dunia di Jepang.

Pada kejuaraan Sepak Bola Robot Dunia (RoboCup) 2017 yang diselenggarakan di Kinjo-futo, Nagoya, Jepang Kamis (27/7) hingga Minggu (30/7) itu, mahasiswa tim Polteknik Negeri Batam membawa nama Barelang FC dan satu-satunya tim yang mewakili Indonesia.

Dikutip dari Batam Pos (Jawa Pos Group), Barelang FCbaru pertama kalinya

mengikuti RoboCup untuk kategori Humanoid Kid Size dan lolos ke semi final.
Nomor 4 Dunia, Robot Karya Mahasiswa Batam Kalahkan Tiongkok
Tim robot sepak bola Politeknik Negeri Batam foto bersama dengan peserta dari negara lain saat mengikuti kejuaraan Sepak Bola Robot Dunia (RoboCup) 2017 yang diselenggarakan di Kinjo-futo, Jepang. (Poltek Batam Untuk Batam Pos)

Tim robot ini beranggotakan enam mahasiswa, yakni Hanjaya Mandala, Reno Saputra, Fadhlul Azmi, Akhbar Ferdeansyah, Gobar Bethara, dan Karen Paulus.

Mereka membawa lima robot dengan kemampuan bermain sepak bola di atas lapangan rumput sintetis. Kelima robot tersebut merupakan hasil riset dan buatan tim di bawah bimbingan Eko Rudiawan, Susanto, Hendawan Soebhakti dan Nur Rafia Dija.

Pembantu Direktur III Politeknik Negari Batam, Muslim Ansori mengatakan, Robocup 2017 merupakan ajang piala dunia sepak bola robot yang digelar setiap tahun.

Setiap tim harus membuat robot yang dapat bermain sepak bola tanpa dikendalikan (autonomous) dan memiliki kemampuan berkoordinasi antar robot untuk mengatur strategi permainan secara otomatis.

Setiap tim maksimal menyiapkan enam robot dan memainkan maksimal lima robot

dalam setiap pertandingan dengan komposisi satu robot kiper, tiga robot pemain inti, dan satu robot pemain pengganti.

Dia menerangkan, pada RoboCup 2017 Barelang FC bermain dalam kategori Humanoid Kids Size yang diikuti oleh 17 tim dari 14 negara. Tim itu di antaranya berasal dari Jerman, Inggris, Brasil, Belanda, Italia, Taiwan, Tiongkok, Meksiko, Korea Selatan, Iran, Indonesia, Jepang, Australia, dan Perancis.

“Sedangkan Barelang FC dari Politeknik Negeri Batam mewakili Indonesia setelah menjadi juara pertama tingkat nasional pada 2016 silam,” ujar Muslim.

 

Berada pada grup D bersama tim ZJUDancer dari China, Kudos

dari Korea Selatan, dan Ichiro dari Indonesia, Barelang FC mampu mengakhiri fase grup pada peringkat dua.

Pada pertandingan pertama, Barelang FC harus bertemu Ichiro. Pertandingan ini seperti tanding ulang pada babak final Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid pada 2016.

Pada pertandingan ini, Barelang FC mampu mengatasi perlawanan Ichiro dengan skor akhir 1:0. Pada pertandingan kedua, Barelang FC terpaksa harus mengakui keunggulan ZJUDancer dengan skor 0:3.

Masih pada fase grup, Barelang FC mampu mengakhiri perlawanan tim Kudos Korea Selatan dengan 2 gol tanpa balas. Hasil ini mampu menempatkan Barelang FC pada peringkat 2 di grup D dengan capaian 6 poin, kalah 1 poin dari pemuncak grup ZJUDancer Tiongkok. “Barelang FC melaju ke semifinal, menantang juara bertahan Rhoban dari Perancis,” ucap Muslim bangga.

 

Sumber :

https://www.buzzfeed.com/danuaji/signs-of-the-cat-infected-with-rabies-6gklbipwse