Metode Pembelajaran Mata Pelajaran SKI

  1. Ceramah

Metode ceramah adalah penuturan bahan pelajaran secara lisan.[3] Guru menyampaikan materi penemuan-penemuan dan tokoh-tokohnya pada perkembangan Islam periode klasik secara lisan. Sebelumnya guru harus mempersiapkan materi penemuan-penemuan dan tokoh-tokohnya pada perkembangan Islam masa Bani Abbasiyah secara lengkap kemudian diringkas sedemikian rupa agar dalam penyampaiannya yang ditonjolkan hanya pokok-pokoknya sehingga materi bisa tersampaikan secara keseluruhan dengan memerlukan waktu yang relatif singkat.

Kelebihan metode ceramah:

  1. Merupakan metode yang murah dan mudah
  2.  Memerlukan waktu yang sedikit
  3. Tidak memerlukan persiapan yang rumit
  4.  Guru dapat mengontrol kelas
  5. Pokok-pokok dapat ditonjolkan
  6.  Dapat menyajikan materi secara luas

Kelemahan metode ceramah:

  1. Materi yang dikuasai siswa terbatas pada apa yang dikuasai guru
  2. Akan membosan jika guru kurang memiliki kemampuan bertutur yang baik
  3. Sangat sulit untuk mengetahui apakah seluruh siswa sudah mengerti apa yang dijelaskan atau belum
  4. Diskusi

Metode diskusi adalah metode yang menghadapkan siswa pada suatu permasalahan. Tujuan utama metode ini adalah untuk memecahkan suatu permasalahan, menjawab pertanyaan, menambah dan memahami pengetahuan siswa serta untuk membuat suatu keputusan.[4]

Dalam metode ini, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kemudian masing-masing kelompok diberi tugas untuk mendiskusikan materi penemuan-peemuan dan tokoh-toknya pada perkembangan Islam masa Bani Abbasiyah. Siswa nanti akan mendiskusikan materi yang diberikan oleh guru kemudian dianalalis sehingga siwa dapat membedakan mana tokoh-tokoh penemuan dalam bidang ilmu filsafat dengan bidang matematika begitu seterusnya.

sumber :
https://bengkelharga.com/seva-mobil-bekas/