Merubah stimulus (Changing the stimulus)


Memanipulasi kesempatan untuk berperilaku dapat diubah dengan baik. Contohnya adalah seseorang yang melepaskan distraksi (kondisi mengalihkan perhatian seseorang dengan satu perangsang yang tidak berhubungan atau yang asing) yang menyebabkan tindakan yang tidak menyenangkan.

 Deprivasi dan Satiasi (Deprivating and Satiating)
Individu dapat memanipulasi perilakunya dengan cara mengafeksikan keadaan dari deprivasi atau satiasinya. Contohnya dalam kehidupan sehari-hari adalah seseorang yang memakan snack sehat agar di waktu yang akan datang ia tidak memakan ‘junk food’. Hal tersebut dilakukan agar godaan untuk memakan ‘junk food’ dapat dikurangi.

 Memanipulasi kondisi emosional (Manipulating emotional conditions)
Contoh dari memanipulasi kondisi emosional adalah seseorang yang bepergian untuk mencari suasana baru. Hal tersebut dilakukan untuk menghilangkan stimulus yamg dapat merangsang respon emosional.

 Menggunakan stimulasi aversif (Using aversive stimulation)
Contohnya adalah seorang pelajar yang menyetel alarm agar nanti ia bisa bangun pagi. Hal tersebut merupakan bagian dari aversive control (pengkondisian penghindaran atau pelarian yang diperoleh melalui pemberian penguatan negatif).

 Drugs
Penggunaan self-administered drugs ini memperbolehkan individu untuk menstimulasi perubahan di dalam sejarah kondisioningnya.

 Operant Conditioning

Penggunaan token economy atau metode-metode dan teknik-teknik unik lainnya untuk operant conditioning dapat terkesan sebagai bentuk khusus dari kontrol diri (self-control).
Bagaimana memulai Ekonomi Token ? Apabila anda merasa perlu
menerapkannya, perhatikan langkah-langkah sebagai berikut;
1. langkah pertama adalah; mengenali dengan jelas tingkah laku yang akan diubah dengan ekonomi token. Ekonomi token dengan sukses mempengaruhi akademik, perilaku sosial dan kemampuan di dalam kelas. Definisikan perilaku tersebut secara spesifik, dapat diamati (observable) dan terukur supaya dapat menjaga konsistensi dalam implementasinya.
2. Memulai Token
a.Pilih jenis token yang akan dipakai.
Banyak benda yang dapat di pakai sebagai token. kita dapat menggunakan uang mainan, kelereng, kacang, kancing, sticker dan berbagai benda lain. Apabila anda menghadapi anak yang lebih kecil perhatikan keamanan token supaya tidak tidak terjadi anak menelan token atau memasukan dalam hidung atau telinga, maka anda perlu menggunakan objek yang dapat ditempel seperti stiker atau kertas lem. Yang perlu diingat dalam memilih token yaitu mudah untuk dihitung, sulit untuk dipalsukan dan aman untuk digunakan.
b.Pilih Penguat/Hadiah yang ditukar dengan token (reinforcer).
Kemudian kita dapat memilih hadiah yang dapat ditukar dengan token yang telah dkumpulkan. Hadiah ini tidak perlu mahal, uang saku tambahan mungkin atau bisa digunakan adalah waktu santai/ istimewa (privilage). Misalnya dengan memberikan atau membuatkan makanan kesukaan atau boleh menonton acara kesukaan di tivi.
c.Hitung berapa nilai token untuk suatu perilaku.

sumber :