Mengenal Tentang Bunga Anyelir

Mengenal Tentang Bunga Anyelir

Mengenal Tentang Bunga Anyelir

Mengenal Tentang Bunga Anyelir
Mengenal Tentang Bunga Anyelir

Klasifikasi ilmiah

Regnum: Plantae
Divisio: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Caryophyllales
Familia: Caryophyllaceae
Genus: Dianthus
Spesies: D. caryophyllus

Nama binomial : Dianthus caryophyllus

Bunga anyeliratau disebut juga bunga teluki, dikenal dalam bahasa Inggris sebagai carnation, mempunyai nama ilmiah Dianthus caryophyllus. Tanaman ini berasal dari kawasan Mediterania. Bunga anyelir memiliki warna yang terang dan berwarna-warni. sehingga sering digunakan sebagai tanaman hias. Bunga ini sering digunakan sebagai bunga perhiasan karena bentuk dan warnanya yang indah dan feminin. Bunga ini juga sering diselipkan di telinga-telinga para wanita dalam tarian-tarian tertentu. Selain itu, juga untuk dirangkai sebagai karangan bunga. Fungsi lain, anyelir berguna bagi kesehatan.

Bunga anyelir atau carnation ini dianggap sebagai bunga untuk orang yang lahir pada bulan Januari,. Sama seperti halnya batu garnet dan bunga anyelir atau carnation adalah bunga nasional negara spanyol dan digunakan dalam hari-hari spesial seperti hari ibu, parent’s day, hari guru atau pernikahan.

Bunga ayelir ini dianggap mengartikan sebagai kekaguman, keindahan, kasih sayang, kebanggaan dan rasa berterima-kasih. Artinya amat beragam tergantung dari warnanya yang bervariasi. Bunga carnation yang berwarna merah dianggap memberi arti sebagai kekaguman sedangkan warna merah gelap artinya kasih sayang yang dalam, warna putih mengartikan cinta yang murni, persahabatan dan keberuntungan.

Selain itu bunga anyelir atau carnation yang bergaris2 memberi simbol penyesalan atas cinta yang tak terbalaskan, warna ungu mengartikan ketidaktetapan, merah muda artinya romantis dan cinta yang tak pernah mati.

Ada dua jenis tanaman anyelir yaitu jenis satu bunga pada setiap tangkai dan jenis ‘spray’, banyak bunga bagi setiap tangkai.

Tanaman bunga anyelir dapat hidup selama 18-20 bulan. Bunga anyelir atau carnation tumbuh tinggi sekitar 31 cm sampai dengan sekitar 1 meter, meski tanaman ini  juga dapat mencapai ketinggian sampai 2 meter, namun untuk dapat tumbuh tegak ia harus diikat dengan penyokong. Tanaman ini dan biasanya mengeluarkan wangi yang harum. Garis pusat batang tanaman bunga anyelir dapat mencapai 1 cm. dan biasanya membengkak pada buku/ruas.

Bunga ini terdiri dari lima petal dan mempunyai single atau dobel blooms, petalnya mempunyai sampingan yang berzig-zag. Bunga anyelir termasuk bunga perennial atau tanaman yang dapat hidup lebih dari 2 tahun.

Bunga anyelir yang bentuknya mirip bunga mawar, ternyata cukup menarik. Bunga ini mempunyai warna beragam, sehingga membedakannya dari bunga mawar yang biasanya memiliki warna merah putih.

Beragamnya warna bunga anyelir, yang kadang-kadang juga menampilkan warna yang berbintik-bintik, menjadikan komoditas ini banyak dicari. Tetapi dari seluruh warna yang ada, yang paling disukai adalah warna merah panther dan kuning kunyit.

Untuk menghasilkan bunga yang bagus, bila ingin melakukan budidaya tanaman hias ini, harus dilakukan di daerah yang memang cocok, yaitu dataran tinggi dan udara serta cahaya matahari yang mendukung.

Diskripsi:

  • Habitus, Terna, menahun, tinggi 30-100 cm,
  • Batang, Bulat, beruas-ruas, licin, permukaan berlilin, hijau kebiruan.
  • Daun, Tunggal, tersebar, duduk berkarang, tanpa tangkai daun,pangkal memeluk batang, bentuk lanset, ujung runcing, tepirata, panjang 5-10 cm, lebar 5-10 mm, pertulangan sejajar,permukaan licin, tebal, hijau.
  • Bunga, Majemuk, bentuk malai, terletak di ujung batang atau di ketiak daun, bunga sempuma, berkelamin ganda, dasar kelopak berlekatan membentuk tabung, ujung bergerigi, panjang 2-3 cm, benang sari dan putik tidak tampak, mahkota berlepasan, bentuk asimetris, panjang 3-5 cm, halus, warna merah muda, berbau harum
  • Buah, Bentuk elips, kecil, coklat.
  • Biji, Bentuk elips, kecil, lunak, putih
  • Akar, Serabut,berwarna putih kehitaman.

Ekologi dan penyebaran

Merupakan tumbuhan yang umum dibudidayakan sebagai tanaman hias di kebun-kebun atau pekarangan. Tumbuh baik di daerah pegunungan pada ketinggian 1.000 m sampai 1.800 m di atas permukaan laut. Menyukai tanah yang gembur dan subur.

Kondisi yang cocok untuk menanam bunga ini adalah yang bertekstur liat berpasir, subur, gembur, berdrainase baik dan memiliki PH antara 5,5 sampai 6,7. Bunga ini dapat hidup 18 sampai 20 bulan dan merupakan salah satu bunga yg tertua yang dikultivasikan dan salah satu bunga yang paling terkenal juga. Ketenaran bunga anyelir ini hampir menyamai bunga mawar. Bunga anyelir atau carnation terdapat 500 variasi yang berbeda. Bunga anyelir dapat dipanen sepanjang tahun.

Perbanyakan pada bunga anyelir dapat dilakukan dengan cara stek, sedangkan untuk mendapatkan variasi warna dan bentuk bunga, sering dilakukan dengan cara penyilangan. Bisa saja tanaman hias ini dibiarkan lebih dari dua tahun. Tetapi agar bunga ini dapat memberikan hasil secara optimal, sebaiknya setelah umur dua tahun langsung diganti dengan tanaman hias yang baru.

Karena bunga ini sering di tumbuh-silangkan maka bunga ini terdapat berbagai jenis warna seperti putih, merah muda (yang paling common atau biasa), merah panther, dan kuning kunyit. Beberapa varietas tanaman anyelir yang merupakan hasil penyilangan, yaitu varietas Top Beauty, Snazzy, dan Unique.

Bagian yang digunakan

Daun dan bunga dalam keadaan segar atau setelah dikeringkan

Kandungan : Saponin

Khasiat Bunga Anyelir :

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, anyelir digunakan sebagai obat untuk beberapa penyakit, seperti, obat diare, wasir, penenang, infeksi saluran kencing, kencing batu, sembelit, anti-radang dan pembengkakan pada kulit.

 

Baca Artikel Lainnya: