Mantan Raja yang Terus Berinovasi Nokia 8.1

Mantan Raja yang Terus Berinovasi Nokia 8.1

Mantan Raja yang Terus Berinovasi Nokia 8.1

Mantan Raja yang Terus Berinovasi Nokia 8.1
Mantan Raja yang Terus Berinovasi Nokia 8.1

Siapa sih yang tidak tahu Nokia? Merek ini dulunya bisa dibilang adalah raja dari industri handphone di awal tahun 2000-an. Walau sempat melewati beberapa tantangan internal dan eksternal, Nokia sekarang sedang berada di perjalanannya kembali untuk merebut kembali tahtanya di pasaran. Nah, rencananya Nokia di bawah besutan HMD Global akan kembali meluncurkan smartphone terbarunya di awal tahun 2019, yaitu Nokia 8.1. Daripada penasaran soal spesifikasi dan fakta dari handphone ini, yuk langsung saja kita kupas beberapa hal dari Nokia 8.1.

 

APAKAH NOKIA 8.1 SAMA DENGAN NOKIA X7?

 

Baru-baru ini, Nokia meluncurkan salah satu varian smartphone terbarunya yaitu Nokia X7. Akan tetapi, Nokia X7 sementara hanya tersedia di pasaran Negeri Panda, alias Tiongkok. Memang ada isu-isu kalau Nokia X7 untuk meluncur di pasaran global sebagai Nokia X7.1 Plus nantinya, tetapi ternyata isu itu kemungkinan besar salah. Berdasarkan bocoran dari Geekbench, Nokia X7 akan dipasarkan sebagai Nokia 8.1 secara globally. Kalau berbicara soal perbedaan, Nokia 8.1 akan menggunakan OS Android 9 Pie, sedangkan Nokia X7 masih menggunakan Android 8.1 Oreo. Di samping itu, masih belum jelas apa akan ada perbedaan lain antara varian X7 dan 8.1.

 

MENGGESER POSISI SERI 8 NOKIA

Kalau memang benar Nokia X7 akan dipasarkan sebagai Nokia 8.1 di pasaran global, posisi seri 8 Nokia akan bergeser. Tadinya semua seri 8 Nokia (Nokia 8 dan Nokia 8 Sirocco) berada pada kelas premium atau atas, akan tetapi seri X7 berada pada kelas menengah. Nokia X7 memang memiliki kualitas dapur pacu kelas menengah, berbeda dengan Nokia 8 yang dilengkapi oleh Snapdragon 835. Kalau memang rumor ini benar, kemungkinan besar posisi seri 8 Nokia akan digantikan oleh Nokia 9 PureView yang juga akan diluncurkan pada awal tahun 2019.

 

JEROAN DARI NOKIA 8.1

Berdasarkan data dari Geekbench, Nokia 8.1 akan dilengkapi oleh RAM 4GB dan Snapdragon 710. Ada beberapa orang yang mengatakan penggunaan Snapdragon 710 merupakan downgrade dari seri 8 sebelumnya, tetapi memang ini ditujukan untuk mengubah posisi handphone ini di pasaran. Selain itu, masih belum banyak hal lain yang diketahui soal Nokia 8.1, namun mungkin kamu bisa menebak-nebak dari jeroan Nokia X7.

 

BEBERAPA RUMOR FITUR DARI NOKIA 8.1

Jika Nokia 8.1 hanya merupakan versi Nokia X7 yang di-revamp, maka tentu handphone ini akan memiliki beberapa fitur yang sama. Misalnya fitur dual camera yang disematkan pada bagian belakang handphone ini, layar 6,2 inci Full HD LCD, lalu kapasitas penyimpanan sebesar 64GB maupun 128GB. Akan tetapi, perlu diingat kalau semua fitur ini hanyalah prediksi, masih ada kemungkinan kalau Nokia 8.1 akan dilengkapi oleh berbagai fitur yang berbeda.

Nah Sobat Shopee, itulah beberapa fakta dan rumor dari Nokia 8.1 ini. Pertanyaan yang tentu akan sering diluncurkan oleh berbagai golongan adalah “Apakah Nokia 8.1 ini dapat membuat Nokia kembali memiliki pangsa pasar yang besar di industri smartphone?”. Belum ada yang tahu jawabannya, akan tetapi yang pasti adalah Nokia sudah kembali terbaca di radar para tech reviewers.

 

Sumber : https://ngelag.com/