Macam-macam Tadlis

Macam-macam Tadlis

Macam-macam Tadlis

–          Tadlis Kuantitas

Tadlis dalam kuantitas termasuk juga kegiatan menjual barang kuantitas sedikit dengan harga barang kuantitas banyak. Misalnya menjual 1 kardus buah-buahan. Karena jumlah banyak dan tidak mungkin menghitung satu persatu, penjual berusaha melakukan penipuan dengan mengurangi jumlah yang dikirim kepada pembeli

Perlakuan penjual untuk tidak jujur disamping merugikan pihak penjual juga merugikan pihak pembeli. Apapun tindakan pembeli, penjual yang tidak jujur akan mengalami penurunan utility, begitu pula dengan pembeli yang mengalami penurunan utility.

Praktik mengurangi timbangan dan mengurangi takaran merupakan contoh klasik untuk menerangkan tentang penipuan kuantitas, yang sering terjadi didalam kecurangan transaksi perdagangan.

–          Tadlis Kualitas

Tadlis dalam kualitas termasuk juga menyembunyikan cacat atau kualitas barang yang buruk yang tidak disepakati oleh si  penjual dan pembeli. Contoh dalam hal jual beli hp bekas, yang tidak disebutkan kualitas barang yang sebenarnya, kecacatan/kekurangannya, hanya disebutkan kelebihannya saja. Maka jelaslah dengan adanya informasi yang tidak sama, maka ada pihak yang terzalimi[6].

–          Tadlis dalam Harga

Tadlis dalam Harga ini termasuk menjual barang dengan harga yang lebih tinggi atau lebih rendah dari harga pasar karena ketidak tahuan penjual atau akan  pembeli[7]. Misalnya, ada seorang musafir yang datang dari Peureulak dengan naik bus, sesampainya di Banda Aceh ia pun naik becak dari terminal menuju Darussalam, tanpa ia tahu harga pasaran becak di daerah itu. Seharusnya harga becak dari teminal Rp. 12.000 akan tetapi pemilik becak menawarkan Rp.35.000 dan di tawar oleh musafir Rp. 30.000. meskipun kedua belah pihak telah sepakat tetapi kesepakatan itu didasari atas kecurangan yang dilakukan pemilik becak.

 

sumber :

Game of Thrones 1.56 Full APK + DATA