macam etika yang berkembang di masyarakat

macam etika yang berkembang di masyarakat
macam etika yang berkembang di masyarakat

Etika dikelompokkan kedalam dua jenis:
a.       Etika deskriptif, merupan etika yang berbicara mengenai suatu fakta, yaitu tentang nilai dan perilaku manusia terkait dengan situasi dan realitas yang membudaya dalam kehidupan masyarakat.
b.      Etika Normatif, merupakan etika yang memberikan penilaian serta himbauan kepada manusia tentang bagaimana harus bertindak sesuai norma yang berlaku.
Tahun 1991 Sony Keraf mencatat adanya dua macam, norma umum dan norma khusus.
Norma umum merupakan norma yang memiliki sifat universal dan di kelompokkan menjadi tiga kelompok:
a.       Norma sopan santun, yaitu norma yang menyangkut tata cara hidup dalam pergaulan sehari-hari.
b.      Norma hokum, yaitu norma yang memiliki keberlakuan lebih tegas karena diatur oleh suatu hokum dengan jaminan hukuman bagi pelanggarnya.
c.       Norma moral, merupakan norma yang sering digunakan sebagai tolok ukur masyarakat untuk memnentukan baik buruknya seorang sebagai manusia.
Etika dan tantangan masa depan
Sebagai contoh munculnya teknologi computer maka manusia seharusnya diuntungkan dengan berfungsinya jejak-jejak memori akibat operasi otak dan mental seperti berfikir, menghitung, dan merencanakan sesuatu. Beberapa pendapat mengemukakan bahwa kemudahan yang ditawarkan computer nyata-nyata menimbulkan ketergantunga manusia terhadap teknologi.
Perubahan yang terjadi pada cara berpikir manusia sebagai salah satu akibat perkembanghan teknologi tersebut, sedikit berpengaruh terhadap pelaksanaan dan cara pandang manusia terhadap etika dan norma-norma dalam kehidupannya.
Teknologi sebenarnya hanya alat yang digunakan manusia untuk menjawab tantangan hidup. Faktor manusia dalam teknologi sangat penting. Sebenarnya teknologi dikembangkan untuk membantu manusia dalam melaksanakan aktivitasnya.

Sumber : https://blogs.uajy.ac.id/teknopendidikan/troll-face-quest-apk/