Lulusan Poltekpel Diminati Banyak Industri

Lulusan Poltekpel Diminati Banyak Industri

Lulusan Poltekpel Diminati Banyak Industri

Lulusan Poltekpel Diminati Banyak Industri
Lulusan Poltekpel Diminati Banyak Industri

Ada yang berbeda dari prosesi wisuda Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya dibanding kampus lainnya.

Sebelum prosesi pelantikan 230 perwira Politeknik Pelayaran ini akan dicari orangtua mereka untuk memberikan karangan bunga dan selamat atas kesuksesan anak mereka menyelesaikan studinya.

Suasana haru pun tak tertahankan saat rombongan orangtua datang mencari anak mereka yang berada di tengah lapangan Politeknik Pelayaran Surabaya yang cukup terik itu. Beberapa orangtua tampak meneteskan air mata dan memeluk anak mereka yang baru saja lulus dan di wisuda itu.

Proses sakral ini menjadi bagian dari budaya wisuda para perwira yang menuntut ilmu di Politeknik Pelayaran Surabaya. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan sebab usai lulus biasanya mereka pun tak bisa berlama-lama di rumah bersama orangtua mereka. Sebab mereka harus kembali meninggalkan rumah memasuki dunia kerja.

“Saat ini kebutuhan SDM di bidang pelayaran sangat tinggi. Bahkan, daya serap bisa lebih dari 90 persen. Karena lulusan politek pelayaran ini tidak hanya bisa bekerja untuk urusan di laut tapi juga di darat,” ujar Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Umiyatun Hayati Triastuti, disela acara kelulusan yang ke-40 Poltekpel yang digelar di kampus Poltekpel Surabaya kawasan Gunung Anyar, Surabaya, Kamis (04/04/2019).

Para perwira itu berasal dari Diploma III sebanyak 169 terdiri dari jurusan Nautika 81 perwira, jurusan Teknika 82 perwira

, dan jurusan Elektro Pelayaran enam lulusan.

Dari Diploma III Pembentukan terdiri dari jurusan Nautika 34 perwira dan jurusan Teknika 27 perwira.

Ditambahkan, pelantikan ini penting bagi pengembangan sumber daya manusia (SDM) khususnya di bidang pelayaran. Dan sebelum lulusa saja banyak industri yang sudah pesan lulusan dari Poltekpel ini.

Direktur Poltekpel Surabaya, Heru Susanto menambahkan selama ini lulusan dari Politek

Pelayaran ini terserap di dunia industri dengan baik.

“Harapan kita begitu beberapa perusahaan sudah meminta bahkan ketika taruna masih menempuh pendidikan,” ujarnya.

Tingginya permintaan itu, Poltekpel Surabaya akan membuka program Diploma IV. Program ini akan ada empat jurusan yang nantinya setiap taruna yang menempuh pendidikan ini akan dibiayai negara.

“Mereka setelah lulus nantinya akan menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) ,” tandas

 

Baca Juga :