Kemajemukan Masyarakat Berdasarkan Ras

Jul 11, 2020 by rumahbagus

Kemajemukan Masyarakat Berdasarkan Ras

Ras adalah suatu kelompok manusia yang memiliki ciri-ciri fisik bawaan yang sama. Kata kuncinya adalah ciri-ciri fisiknya.

 Menurut koentjaraningrat, ras adalah golongan manusia yang menunjukkan berbagai ciri-ciri lahiriah (morfologi) atau ciri-ciri anggota tubuh yang dapat diukur (ciri fenotip kuantitatif). Ciri fisik ini antara lain adalah warna kulit,  jenis rambut,  bentuk hidung,  bentuk mata, dan sebagainya.

Perbedaan ciri fisik itu dapat terjadi karena beberapa faktor, antara lain kondisi geografis dan iklim, faktor makanan, dan faktor perkawinan.

Kondisi geografis dan iklim dapat mempengaruhi bentuk fisik. Misalnya, orang-orang yang hidup didaerah dingin bentuk hidungnya lebih panjang dan menonjol. Bentuk hidung yang lebih panjang dan menonjol itu akan membantu orang-orang yang hidup didaerah dingin untuk memanaskan dan melembabkan uadra sebelum masuk ke paru-paru.

Faktor makanan juga dapat memengaruhi bentuk fisik. Perbedaan jenis makanan akan menimbulkan macam-macam bentuk tubuh. Misalnya, orang yang makan makanan yang bergizi tinggi bentuk badannya akan lebih besar dari pada orang yang makanan makanan yang tidak.

Faktor perkawinan juga turut memengaruhi perbedaan ciri-ciri fisik.  orang dari berbagai suku dan bangsa dapat dengan mudah saling bertemu dan berinteraksi. Pertemuan-pertemuan itu memungkinkan terjadinya perkawinan campur (amalgamasi) antara orang-orang yang berasal dari suku atau bangsa yang berbeda. Misalnya, orang berasal dari ras mongoloid kawin dengan yang berasal dari ras negroid. Bisa terjadi anak hasil perkawinan campur itu kulitnya akan berwarna kulit dan rambut nya keriting. Dengan demikian, kita sulit mengatakan orang ini termasuk ras mongoloid atau negroid.

Mari sekarang kita kembali ke pengelompokkan ras bangsa manusia. Pengelompokkan ras bangsa manusia di dunia ini dibuat oleh Ralph Linton dan A.L.Kroeber.

Pembagian ras menurut Ralph Linton

Ralph linton membagi manusia ke dalam tiga kelompok ras besar, yaitu ras mengoloid, ras kaukasoid, dan ras negroid. Disamping tiga ras besar itu ada ras khusus, yaitu ras auStroloid peddoid, polynesia, dan ainu. Ketiga ras khusus ini tidak dapat di masukan ke dalam kelompok tigaras besar.

  1. Ras mongoloid

Ras mongoloid di bagi menjadi dua, yaitu mongoloid asia dan indian. Mongoloid asia di bagi menjadi dua sumbras, melayu. Orang-orang jepang, taiwan,cina, dan vietnam termasuk subras tionghoa. Orang indonesia, malaysia, dan ras mongoloid indian adalah orang-orang indian di amerika.

Manusia yang termasuk dalam ras mongolid  mempunyai ciri-ciri kulit berwarna kuning sampai sawo matang, rambut lurus, bulu badan sedikit, dan bermata sipit.

  1. Ras Kaukasoid

Ras kaukasoid terdiri dari lima subras,  yaitu nordic, alpin, mediteran, armenoid, dan india.

Manusia yang tramasuk dalam ras kaukasoid mmepunyai ciri-ciri hidung mancung, kulit putih, rambut, pirang sampai cokelat kehitam-hitaman, dan kelopak mata lurus.

  1. Ras Negroid

Ras negroid terdiri dari lima subras, yaitu negrito, nilitz, negro rimba, negro oseanis, dan hotentot-boysesman.

Manusia yang termasuk dalam ras negroid mempunyai ciri-ciri rambut keriting, berkulit hitam, memiliki bibir tebal, dan memiliki kelopak mata lurus.

https://movistarnext.com/