Karangan Argumentasi BAHASA

Karangan Argumentasi BAHASA

Karangan Argumentasi BAHASA

Karangan Argumentasi BAHASA
Karangan Argumentasi BAHASA
  Bahasa merupakan suatu alat untuk komunikasi atau bisa dikatakan sebagai alat untuk percakapan kepada sesama manusia yang mempunyai tata bentuk, tata pola kata, dan tata kalimat. Ada berbagai macam bahasa di dunia, bahasa inggris, prancis, jepang, mandarin, Indonesia yang kita pakai di Negara Indonesia ini, dan bahasa lainnya sesuai dengan negara tersebut yang mempunai bahasanya masing-masing. Berfungsi sebagai alat komunikasi antar manusia, alat untuk bekerja sama dengan sesama manusia, dan juga sebagai alat untuk mengindentifikasi diri. Agar komunikasi tersebut berjalan dengan baik. penerima dan pengirim bahasa harus benar-benar menguasai bahasanya. Bahasa sebagai alat komunikasai yang paling efektif, mutlak diperlukan setiap bangsa. Tanpa bahasa bangsa atau negara tersebut tidak akan mungkin dapat berkembang, bangsa pun tidak mungkin dapat menggambarkan dan menunjukkan dirinya secara utuh dalam dunia pergaulan dengan bangsa atau negara lain. Akibanya bangsa tersebut akhirnya akan lenyap ditelan masa atau jaman. Jadi, bahasa menunjukan identitas suatu bangsa atau negara tersebut, dan bahasa sebagai bagian kebudayaan yang dapat menunjukkan tinggi rendahnya kebudayaan bangsa. Bahasa pun akan menggambarkan sudah sampai seberapa jauh kemajuan yang telah dicapai oleh suatu bangsa atau negara tersebut.
Bahasa yang digunakan oleh Negara Republik Indonesia adalah Bahasa Indonesia yang mana telah disahkan oleh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 yang juga diperkuat dengan adanya sumpah pemuda, dimana Bahasa Indonesia ini digunakan sebagai alat pemersatu bangsa. Tetapi dikarenakan Negara Indonesia ini terdiri dari beragam suku, ras, kebudayaan, adat istiadat, dan agama, maka sekarang ini sudah banyak daerah-daerah / suku tersebut yang menggunakan bahasa lain selain bahasa Indonesia seperti, bahasa Sunda, bahasa Melayu, Bahasa Jawa, dan sebagainya. Walaupun demikian kita harus tetap menggunakan bahasa Indonesia itu dengan baik dan kita semua pun bisa menggunakannya sebagai alat komunikasi antar sesama walaupun berbeda suku, kebudayaan, adapt istiadat, ras, dan agama. Bahasa Indonesia ini telah mengalami banyak perubahan sesuai dengan jamannya, seharusnya walaupun begitu kita sebagai bangsa Indonesia tidak boleh melupakan atau mengabaikan bahasa Indonesia ini dengan bahasa-bahasa lain.
Bahasa Indonesia ini merupakan bahasa dinamis yang hingga sekarang pun selalu menghasilkan kata-kata baru, baik melalui penciptaan, maupun penyerapan dari bahasa asing. Bahasa Indonesia ini juga awalnya berasal dari bahasa melayu, sama halnya dengan saat ini, dimana para remaja sudah banyak yang melupakan atau mengabaikan tata cara penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, bahkan mereka kurang lebih menggunakan bahasa yang sering mereka katakan itu sebagai bahasa gaul, artinya mereka beranggapan bahasa tersebut bahasa yang mengikuti perkembangan jaman atau bisa menempatkan posisi bahasa tersebut dalam kehidupan remaja mereka saat ini, tetapi seharusnya para remaja saat ini harus berusaha bagaimana caranya agar bahasa Indonesia yang kita ketahui tersebut sebagai bahasa resmi Negara Republik Indonesia tidak musnah dari perkembangan jaman saat ini, kita sebagai penerus bangsa ini seharusnya bangga terhadap bahasa Indonesia, dimana bahasa ini bahasa yang bisa dikatakan mudah untuk dipelajari bahkan untuk di ucapkan, jika dibandingkan bahasa Indonesia dengan bahasa negara lainnya, bahasa Indonesia ini lebih mudah dipelajari dan diingat tidak rumit seperti, bahasa-bahasa lain yang memiliki banyak tata bahasa yang dirangkai sedemikian rupa sehingga terlihat lebih sulit atau rumit untuk dipelajari dan dipahami bagi seseorang yang ingin mempelajarinya ataupun mengucapkannya.
     Bahasa Indonesia mempunyai ciri-ciri umum dan kaidah-kaidah pokok tertentu yang dapat membedakan bahasa Indonesia dengan bahasa lainnya di dunia ini, baik bahasa asing maupun bahasa daerah, oleh karena itu ciri-ciri umum dan kaidah-kaidah pokok tersebut merupakan jati diri dari bahasa Indonesia. Ciri-ciri umum dan kaidah-kaidah pokok tersebut seperti, bentuk kata. Misalnya pada bahasa Indonesia tidak mengenal perubahan bentuk kata untuk menyatakan jenis kelamin, cukup diberikan kata keterangan penunjuk jenis kelamin baik untuk manusia ataupun makhluk hidup lainnya. Bentuk jamak, bahasa Indonesia menggunakan kata tertentu untuk menunjukkan jamak. Artinya, bahasa Indonesia tidak mengenal perubahan bentuk kata yang menunjukkan jamak. Sistem inilah yang menunjukkan bahwa bahasa Indonesia berbeda dengan bahasa asing lainnya seperti, bahasa Inggris, bahasa Belanda, bahasa Arab, dan bahasa-bahasa lain.
Kedudukan bahasa Indonesia sampai saat ini kita ketahui yaitu sebagai bahasa persatuan, bahasa nasional, bahasa negara, dan bahasa resmi, kita juga seharusnya bangga karena jika dilihat dan diamati bahasa Indonesia ini sangat mengikuti perkembangan jaman dan berhasil mendudukkan diri sebagai bahasa budaya dan bahasa ilmu. Dan juga bahasa Indonesia telah menjalankan kedudukannya sebagai bahasa budaya, di samping itu pula dalam kedudukannya sebagai bahasa ilmu, bahasa Indonesia sebagai pendukung ilmu pengetahuan dan teknologi yang kita kenal dengan nama IPTEK untuk kepentingan pembangunan nasional. Penyebarluasan iptek dan pemanfaatannya kepada perencanaan dan pelaksanaan pembangunan negara dilakukan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Adapun dengan penulisan dan penerjemahan buku-buku teks serta penyajian pembelajaran dan perkuliahan di lembaga-lembaga pendidikan untuk masyarakat umum dilakukan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Dengan demikian, seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia tidak lagi bergantung sepenuhnya kepada bahasa-bahasa asing. Walaupun dalam kenyataannya sekarang ini terkadang bahasa Indonesia selalu seperti nomor duakan oleh bahasa-bahasa asing lainnya, dikarenakan negara Indonesia banyak menjalin kerjasama dengan negara-negara lain yang rata-rata menggunakan bahasa asing seperti bahasa inggris, karena bahasa inggris merupakan bahasa dunia, akan tetapi kita tidak seharusnya mengikuti bahasa mereka, kita seharusnya tetap menggunakan bahasa Indonesia tersebut karena agar negara lain lebih mengenal lagi bahasa yang digunakan oleh negara Republik Indonesia ini yaitu bahasa Indonesia.
Bangsa Indonesia, sebagai pemakai bahasa Indonesia, seharusnya bangga terhadap bahasa Indonesia sebagai alat komuikasi. Dengan bahasa Indonesia kita sebagai bangsa Indonesia bisa menyampaikan pikiran dan perasaan kita dengan sempurna dan lengkap terhadap orang lain. Namun pada kenyataannya yang terjadi tidaklah demikian, terkadang mereka lebih bangga menggunakan bahasa asing, rasa bangga bangsa Indonesia terhadap bahasa Indonesia belum lagi tertanam.terkadang mereka menganggap bahasa asing lebih tinggi derajatnya dibandingkan dengan bahasa Indonesia pada umumnya, bahkan mungkin mereka seolah-olah mengabaika perkembangan bahasa Indonesia. Sekarang banyak orang Indonesia yang memperlihatkan dengan bangga kemahirannya dalam menggunakan bahasa inggris , walaupun mereka tidak menguasai bahasa Indonesia dengan baik, kemudian ada sebagian yang terkadang malu karena tidak menguasai bahasa inggris, tetapi tidak pernah malu apabila tidak menguasai bahasa Indonesia, anggapan seperti ini dikarenakan mereka menganggap bahwa telah menguasai bahasa Indonesia dengan baik.
Tanpa kita sadari perubahan atau sikap seperti itu dapat berdampak negatif terhadap perkembangan bangsa Indonesia,bahkan dapat berdampak sebagian besar pemakai bahasa Indonesia akan menjadi pesimis, menganggap rendah, dan tidak percaya pada kemampuan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan pikiran dan perasaannya secara lengkap, jelas dan sempurna. Kenyataan-kenyataan seperti inilah yang tentu saja tidak pernah kita inginkan sebagai bangsa Indonesia, karena jika tidak diperbaiki akan berdampak pada terhambatnya perkembangan bahasa Indonesia. Seharusnya sebagai warga negara Indonesia yang baik, sepantasnyalah bahasa Indonesia itu dicintai dan dijaga. Bahasa Indonesia harus dibina dan dikembangkan dengan baik karena bahasa Indonesia itu merupakan salah satu identitas atau jatidiri bangsa Indonesia, dan juda setiap orang mestilah berusaha agar selalu cermat dan teratur dalam menggunakkan bahasa Indonesia. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya setiap orang Indonesia menggunakan bahasa Indonesia yang jelas, teratur, bersistem, dan benar agar jalan pikiran bangsa Indonesia (sebagai pemilik bahasa Indonesia) juga teratur agar mudah dipahami oleh orang lain. Dalam era globalisasi ini jati diri bahasa Indonesia merupakan cirri bangsa Indonesia yang perlu diperhtahankan. Pergaulan antar bangsa merupakan alat komunikasi yang sederhana, mudah dipahami, dan mampu menyampaikan pikirannya dengan lengkap. Sehingga, bahasa Indonesia harus terus dibina dan dikembangkan sedemikian rupa agar menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia dalam pergaulan atau kerja sama antar bangsa pada era globalisasi saat ini.