Jenis-jenis Mudharabah

Mudharabah Mutlaqah merupakan bentuk kerja sama antara shahibul maal dan mudharib yang cakupanya sangat luas dan tidak dibatasi oleh spesifikasi jenis usaha, waktu, dan daerah bisnis.[4]Pada prinsipnya, mudharabah sifatnya mutlak dimana shahib al-mal tidak menerapkan restriksi atau syarat-syarat tertentu kepada si mudharib.  Pada dasarnya, terdapat tiga bentuk mudharabah , yakni mudharabah muthlaqah dan mudharabah muqayyadah.

  1. Mudharabah Muthlaqah

Mudharabah Mutlaqah adalah bentuk kerja sama antara pemilik dana dan pengelola tanpa adanya pembatasn oleh pemilik dana dalam hal tempat, cara, maupun objek investasi.[5]. Mudharabah ini disebut juga investasi tidak terikat. Jenis mudharabah ini tidak ditentukan masa berlakunya, di daerah mana usaha tersebut akan dilakukan, tidak ditentukan line of trade, line of industry, atau line of service yang akan dikerjakan. Namun, kebebasan ini bukan kebebasan yang tak terbatas sama sekali. Modal yang ditanamkan tetap tidak boleh digunakan untuk membiayai proyek atau investasi yang dilarang oleh Islam.

  1. Mudharabah Muqayyadah

Mudharabah muqayadah  bentuk kerja sama antara pemilik modal dan pengelola dengan kondisi pengelola dikenakan pembatasan oleh pemikli dana dalam hal tempat, cara, dan objek investasi. Apabila pengelola dana bertindak bertentangan dengan syarat-syarat yang diberikan oleh pemilik dana, maka pengelola dana harus bertanggung jawab atas konsekuensi-konsekuensi yang ditimbulkannya, termasuk konsekuensi keuangan.

baca juga :