Hal Yang Mengakibatkan Terjadinya Urbanisasi

Hal Yang Mengakibatkan Terjadinya Urbanisasi

Hal Yang Mengakibatkan Terjadinya Urbanisasi

Hal Yang Mengakibatkan Terjadinya Urbanisasi
Hal Yang Mengakibatkan Terjadinya Urbanisasi

1) Daya dorong desa

Salah satu ciri kehidupan masyarakat desa ialah mata pencahariannya yang relatif homogen. Sebagian besar dari mereka hanya memanfaatkan alam sebagai sumber kehidupan. Masyarakat pegunungan dan dataran rendah, mereka menggantungkan kehidupan dari pertanian, perkebunan, perikanan, hasil kerajinan, dan sebagian di sektor jasa.

Pertumbuhan penduduk terus berkembang, sementara lahan yang tersedia berkembang tidak seimbang dengan pertumbuhan penduduk. Andaipun lahan masih luas, kemudahan yang tersedia masih sangat terbatas. Sebagai tumpuan kemudahan pendidikan, sosial, olahraga, dan hiburan di desa yang relatif terbatas. Hal inilah yang mendorong masyarakat desa pergi ke kota untuk memperoleh suasana kehidupan yang lebih dinamis. Kehidupan mengandalkan alam menghadapi resiko berupa kegagalan-kegagalan akhir perubahan alam itu sendiri. Kemarau panjang, banjir, dan hama sering menciptakan kehidupan masyarakat desa kurang menentu. Hal inilah yang mendorong sebagian masyarakat desa mencari pekerjaan yang hasilnya lebih diandalkan.

Pelaksanaan Migrasi

Dari uraian di atas, sanggup ditemukan beberapa penyebab penduduk desa melaksanakan migrasi ke kota, antara lain;

Terbatasnya lapangan pekerjaan di pedesaan.
Semakin sempitnya lahan pertanian.
Keberhasilan pertanian yang tidak niscaya mirip paceklik, kekeringan, dan serangan hama.
Minimnya kemudahan sosial di pedesaan.
Kehidupan desa yang tidak bervariasi atau monoton.

2) Daya tarik kota

Bagi masyarakat desa, kota sering diidentikkan dengan kemajuan dan modernisasi. Keunggulan utama di kota ialah sarana yang lengkap dan prasarana yang tersedia. Penduduk kota yang padat mendorong pemerintah dan swasta membangun banyak sekali sarana dan prasarana dengan banyak sekali tujuan. Pemerintah membangun sarana pendidikan, pelayanan masyarakat, gedung kesenian, gedung olahraga, dan sentra pemerintahan di kota. Tentu tujuannya ialah semoga gampang diakses dari banyak sekali pelosok, termasuk dari luar. Semakin bertambahnya jumlah penduduk, tentu akan menuntut jenis pekerjaan yang lebih heterogen juga. Pertumbuhan dan perkembangan kota lebih dinamis bila dibandingkan dengan di desa.

Perkembangan perusahaan swasta juga cenderung makin banyak di kota. Selain memudahkan urusan administrasi, sentra perusahaan di kota juga gampang melaksanakan jalan masuk ke banyak sekali penjuru. Fasilitas yang dibutuhkan perusahaan pun lebih lengkap di kota. Berkebalikan dengan daya dorong desa, tentu ada daya tarik kota yang mengakibatkan masyarakat menyukainya.

Daya Tarik Kota

Sebagai daya tarik kota di antaranya adalah:
Lapangan pekerjaan di kota lebih banyak dibanding di desa.
Upah pekerja di kota yang lebih tinggi dibanding di desa.
Fasilitas pendidikan, sosial, olahraga, dan lain-lain lebih lengkap dibanding di desa.
Selain lantaran perpindahan penduduk dari desa ke kota, urbanisasi terjadi lantaran pertumbuhan kota.

Pertumbuhan kota meliputi pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan wilayah. Sebuah kota kecil akan terus berkembang hingga mengakibatkan daerah-daerah sekelilingnya hasilnya menyatu menjadi satu kesatuan kota yang lebih besar. Sebagai tumpuan ialah kota Jakarta.

Pada awal perkembangan Jakarta ialah sentra urbanisasi. Tetapi ketika ini Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi sudah menjadi satu kesatuan kota, walaupun secara administratif berbeda. Kalian juga sanggup mengamati kota terdekat dengan tempat tinggalmu. Pasti kalian akan menemukan proses perkembangan kota tempat tinggalmu atau kota terdekat dengan tempat tinggalmu.

Baca Juga: