Fungsi dan Tugas Pasar dalam Ekonomi

Fungsi dan Tugas Pasar dalam Ekonomi

Fungsi dan Tugas Pasar dalam Ekonomi

Fungsi dan Tugas Pasar dalam Ekonomi
Fungsi dan Tugas Pasar dalam Ekonomi

Keberadaan pasar memiliki fungsi yang sangat penting. Bagi konsumen, adanya pasar akan mempermudah memperoleh barang dan jasa kebutuhan sehari-hari.

Adapun bagi produsen, pasar menjadi daerah untuk mempermudah proses penyaluran barang hasil produksi.

Secara umum, pasar memiliki tiga fungsi utama ialah sebagai sarana distribusi, pembentukan harga, dan sebagai daerah promosi.

1. Pasar sebagai Sarana Distribusi

Pasar sebagaiĀ sarana distribusi, berfungsi memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen.

Dengan adanya pasar, produsen sanggup bekerjasama baik secara pribadi maupun tidak pribadi untuk memperlihatkan hasil produksinya kepada konsumen.

Pasar dikatakan berfungsi baik jikalau aktivitas distribusi barang dan jasa dari produsen ke konsumen berjalan lancar. Sebaliknya, pasar dikatakan tidak berfungsi baik jikalau aktivitas distribusi seringkali macet.

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas perihal Fungsi dan Peran Pasar dalam Kegiatan Ekonomi
Gambar: Pasar Apung

2. Pasar sebagai Pembentuk Harga

Pasar merupakan daerah pertemuan antara penjual dan pembeli. Di pasar tersebut penjual memperlihatkan barang-barang atau jasa kepada pembeli.

Pembeli yang membutuhkan barang atau jasa akan berusaha menawar harga dari barang atau jasa tersebut, sehingga terjadilah tawar-menawar antara kedua belah pihak.

Setelah terjadi kesepakatan, terbentuklah harga. Dengan demikian, pasar berfungsi sebagai pembentuk harga.

Harga yang telah menjadi janji tersebut, tentunya telah diperhitungkan oleh penjual dan pembeli. (https://blog.fe-saburai.ac.id/jenis-dan-contoh-jaringan-tumbuhan/)

Penjual tentu telah memperhitungkan keuntungan yang diinginkannya, sedangkan pembeli telah memperhitungkan manfaat barang atau jasa serta keadaan keuangannya.

3. Pasar sebagai Sarana Promosi

Pasar sebagai sarana promosi artinya pasar menjadi daerah memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang/jasa perihal manfaat, keunggulan, dan kekhasannya pada konsumen.

Promosi dilakukan untuk menarik minat pembeli terhadap barang atau jasa yang diperkenalkan. Promosi sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara antara lain, memasang spanduk, membuatkan brosur, pameran, dan sebagainya.

Banyaknya cara promosi yang dilakukan oleh produsen, menciptakan konsumen lebih selektif dalam menentukan barang yang akan dibeli.

Biasanya produsen yang memperlihatkan barang dengan harga murah dan kualitasnya cantik akan menjadi pilihan konsumen.