Fathul Wahid Jadi Rektor Terpilih UII Yogyakarta

Fathul Wahid Jadi Rektor Terpilih UII Yogyakarta

Fathul Wahid Jadi Rektor Terpilih UII Yogyakarta

Fathul Wahid Jadi Rektor Terpilih UII Yogyakarta
Fathul Wahid Jadi Rektor Terpilih UII Yogyakarta

Fathul Wahid menjadi rektor terpilih Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta

periode 2018-2022 dari penentuan yang dilakukan oleh Pengurus Yayasan Badan Wakaf (PYBW) UII.

Ia akan resmi menjabat pada 1 Juni mendatang, menggantikan Nandang Sutrisno.

Ketua Penitia Pemilihan Rektor dan Wakil Rektor, M.Syamsudin mengatakan, penentuan rektor terpilih tersebut dilakukan pada Senin (26/3) di Kantor Yayasan Badan Wakaf UII Jalan Cikditiro No. 1 Kota Yogyakarta.

Penentuan rektor tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII, Luthfi Hasan.

“Setelah ditetapkan secara resmi oleh Panitia Pemilihan (PP) selanjutnya rektor terpilih UII diminta

mengajukan nama-nama calon wakil rektor,” katanya, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/3).

Calon wakil rektor masing-masing 2 orang yang akan mengisi jabatan Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik dan Riset (WR 1); Wakil Rektor Bidang Sumber daya manusia dan Pengembangan Karir (WR 2); Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan, dan Alumni (WR 3); dan Wakil Rektor Bidang Networking dan Kewirausahaan (WR 4).

Untuk mengisi keempat jabatan wakil rektor tersebut, PP telah melakukan seleksi administrasi terhadap dosen tetap UII yang memenuhi syarat formil berdasarkan Statuta UII 2017 dan Peraturan PYBW.

Berdasarkan hasil seleksi administrasi, telah ditetapkan sebanyak 55 orang dosen tetap

yang memenuhi sarat formil sebagai bakal calon Wakil Rektor I UII. Serta sebanyak 81 orang dosen tetap yang memenuhi syarat formil sebagai Balon Wakil Rektor 2, 3 dan 4.

Dari sejumlah bakal calon Wakil Rektor UII yang memenuhi syarat formil itu, rektor terpilih mengusulkan masing-masing 2 orang untuk menduduki jabatan keempat wakil rektor.

Selanjutnya ditetapkan oleh PP dan diajukan kepada Senat Universitas untuk dipilih masing-masing 1 orang untuk menduduki jabatan.

“Pelantikan rektor dan wakil rektor terpilih akan dilakukan Juni nanti,” ucapnya.

Untuk diketahui, rektor terpilih Fathul Wahid mempunyai segudang pengalaman sebagai dekan pada Fakultas Teknik Industri UII Periode 2010-2014.

Sebelumnya pada 21 Maret 2018 telah dilakukan pemilihan terhadap calon rektor UII oleh Senat Universitas dan terpilih 3 orang nama, yaitu Fathul Wahid mendapat 77 suara; Suparman Marzuki mendapat 37 suara, dan Widodo mendapat 10 suara dari sebanyak 156 anggota Senat Universitas.

 

Baca Juga :