Distribusi (place)

Distribusi (place)

Distribusi (place)

Distribusi (place)
Distribusi (place)

 

Pendistribusian adalah

kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar serta mempermudah penyampain produk dan jasa dari produsen kepada konsumen sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperluka.

Menurut Lamb (2001:56), tempat merupakan distribusi secara fisik, yang mencakup semua aktivitas bisnis yang berkaitan dengan penyimpanan dan pengangkutan sejumlah bahan baku atau produk jadi. Tempat sering dikaitkan dengan strategi distribusi suatu produk. Strategi distribusi berkaitan dengan upaya membuat produk tersedia kapan dan dimana konsumen membutuhkannya. Jadi pendistribusian diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen.  Tujuan dari distribusi adalah untuk memastikan bahwa produk tiba dalam kondisi layak pakai pada tempat yang ditunjuk pada saat diperlukan.

 

Sistem distribusi

Sistem distribusi dibedakan dalam dua jenis, yaitu :

  • Sistem distribusi langsung
  • Sistem ditribusi tidak langsung

 

Lembaga saluran distribusi

Lembaga saluran distribusi, penyalur (distributors) adalah kegiatan penyampaian barang dari produsen ke konsumen. Lembaga saluran distribusi meliputi lembaga utama dan lembaga penunjang. Lembaga utama dibedakan antara perantara pedagang dan perantara agen. Lembaga penunjang meliputi lembaga pengawas, transportasi, pembungkusan, asuransi, pergudangan, periklanan, dan lembaga keuangan.

Menurut Irawan, Farid Wijaya dan Sudjoni, MN, (138: 1996), saluran pemasaran terdiri dari beberapa tingkatan. Setiap perantara yang melakukan usaha menyalurkan barang ke pembeli akhir membentuk tingkatan saluran. Panjangnya saluran dapat digambarkan menggunakan jumlah tingkatan perantara sebagai berikut:

Saluran Nol Tingkat (saluran pemasaran langsung)

Saluran pemasaran ini terdiri dari seorang produsen yang menjual langsung kepada konsumen. Tiga cara penting dalam penjualan langsung adalah penjualan dari rumah ke rumah, penjualan lewat pos dan penjualan lewat toko perusahaan.

Saluran Satu Tingkat mempunyai satu perantara

Dalam pasar konsumen, perantara sekaligus merupakan pengecer.

Saluran Dua Tingkat mempunyai dua perantara.

Dalam pasar konsumen mereka merupakan grosir atau merupakan pedagang besar dan pengecer.

 

Saluran Tiga Tingkat mempunyai tiga perantara.Dalam pasar konsumen mereka merupakan grosir, pemborong dan pengecer.

2.2 Kajian Penelitian Sejenis

    1. Judul : Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program S1 Universitas Sumatera Utara

Nama            : Yulia Kristina Simbolon

Fakultas       : Ekonomi

Jurusan        : Manajemen

    1. Kesimpulan: Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan Uji Signifikansi Simultan (Uji-F), Uji Parsial (Uji t), dan Pengujian Koefisien Determinan (R2) dapat disimpulkan bahwa strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan lokasi secara bersama – sama (signifikan) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian kartu Simpati Telkomsel.
    2. Judul : Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pemilik Sepeda Motor Honda Beat Karburator di AHASS Barokah Motor Kediri)

Nama            : Aan Nasrul Fuad

Fakultas       : Ilmu Administrasi

Jurusan        : Manajemen

    1. Kesimpulan: Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan xplanatory research (penelitian eksplanatori) dapat disimpulkan bahwa Bauran pemasaran dengan variabel product , price , place , dan promotion secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Honda Beat Karburator.
    2. Judul : Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Sari Murni

Nama            : Yulna Dewita Hia, S.Pd, MM

Fakultas       :  –

Jurusan        :  –

Kesimpulan: Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian minyak goreng Sari Murni hal ini dilihat dari presentasenya sebesar 5,24 %.

    1. Judul : Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Emping Melinjo di Kelurahan Ngadirejo Kecamatan Kartasura

Nama            : Saiz Wantini

Fakultas       : Ekonomi

Jurusan        : Manajemen

Kesimpulan: Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil Uji T dapat diketahui bahwa terdapat pengarauh produk, harga, tempat dan promosi secara parsial terhadap keputusan pembelian emping mlinjo Di Kelurahan Ngadirejo Kartasura, (2) Hasil uji F menunjukan bahwa terdapat  pengaruh yang signifikan antara variabel bauran pemasaran (produk, harga, tempat dan promosi) secara bersama-sama terhadap variabel keputusan pembelian kerajinan emping mlinjo Kelurahan Ngadirejo Kartasura.

 

Judul : Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap keputusan Pembelian Produk Handphone Nokia Eseries

Nama            : Fitri Komalasar

Fakultas       : Ekonomi

Jurusan        : Manajemen

Kesimpulan: Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan analisis regresi linear berganda (1)Secara simultan bauran pemasaran yaitu produk, harga, distribusi/tempar dan promosiberpengaruh terhadap keputusan pembelian  produk handphone Nokia Eseries, (2) Secara parsial  dari empat variabel bauran pemasaran hanya dua variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk handphone Nokia Eseries, yaitu harga dan distribusi/tempat.

Baca Juga :