Desain Pembelajaran Adalah Upaya Tim

Desain Pembelajaran Adalah Upaya Tim

Desain Pembelajaran Adalah Upaya Tim

Memang benar bahwa mungkin saja desain pembelajaran dapat dilakukan sendiri, baik dalam menyediakan sumber, kerangka, mampu dalam hal peyeleksian dan pengembangan media, materi, dan metode yang digunakan. Tetapi keterlibatan pihak lain dalam suatu tim sangat dibutuhkan karena pada hakikatnya proyek desain merupakan usaha bersama dalam upaya menciptakan suatu produk yang lebih baik.

Ditinjau dari segi luas kawasan, ruang lingkup, dan kompleksitas teknis, kebanyakan proyek desain pembelajaran membutuhkan kemampuan khusus dari individu. Pada tingkat minimum, suatu tim terdiri atas ahli konten mata pelajaran/kuliah, pengembangan pembelajaran, satu atau lebih personel produksi, dukungan tenaga khusus, dan seorang menejer proyek. Kadang-kadang seorang individu mengambil peran lebih banyak dari individu  lainnya dalam suatu tim, tetapi proyek yang lebih besar tanpa kecuali membutuhkan spesialis yang lebih besar pula. Misalnya, proyek berteknologi tinggi, membutuhkan programmer computer, vidiograpereditor. Seni grafik, dan para pengembang.

  1. TUJUAN DESAIN PEMBELAJARAN

Tujuan sebuah desain adalah untuk mencapai solusi terbaik dalam memecahkan masalah dengan memanfaatkan sejumlah informasi yang tersedia. Dengan demikian suatu desain muncul karena kebutuhan manusia untuk memecahkan persoalan. Melalui suatu desain orang bisa melakukan langkah-langkah yang sistematis untuk memecahkan suatu persoalan yang dihadapi. Dengan demikian suatu desain pada dasarnya adalah suatu  proses yang bersifat linear yang di awali dengan penentuan kebutuhan, kemudian mengembangkan rancanagan untuk merespons kebutuhan tersebut, selanjutnya rancangan tersebut diujicoba dan akhirnya dilakukan evaluasi untuk menentukan hasil tentang efektivitas rancangan (disain) yang disusun.

sumber :