Dampak perkembangan IPTEK dari transportasi modern

Penemuan roda memegang peranan pening transportasi, karena dengan roda yang bentuknya bundar dapat diperlukan gerakan yang mudah, kemudian lebih dipermuda lagi dengan digunakannya binatang penarik, sehingga beban manusia semakin ringan. Setelah ditemukannya mesin yang menggerakkan roda, maka transportasi bukan hanya lebih ringan, tetapi juga lebih cepat.

Bersamaan dengan kemajuan di bidang transportasi ini muncul pula dampak-dampak negative, seperti tercemarnya udara oleh banyaknya kendaraan bermotor, tercemarnya lautan, dan tercemarnya udara oleh sisa pembakaran pesawat udara, yang jumlahnya setiap hari terus bertambah.

Sumbangan teknologi ilmu pengetahuan alam dalam bidang transportasi sangat besar.Barang kali akan menjadi lebih jelas apabila kita banyangkan betapa kehidupan kita bila ada mobil,kereta api,kapal laut,kapal udara,dan sebagainnya sebagai alat transportasi.barangkali untuk mengunjungi saudara kita yang berada diluar kota diperlukan waktu yang tidak sedikit.dari Jakarta ke ujung pandang misalnya,dengan kapal layar memerlukan waktu satu bulan, tetapi menggunakan kapal terbang hasil teknologi ilmu pengetahuan alam, hanya memerlukan waktu dua jam saja. Pada zaman dahulu orang memerlukan waktu tahunan dapat mengelilingi dunia, sekarang dengan kapal terbang cukup beberapa hari saja.

Namun kemudahan itu tidak selamanya membawa keberuntungan bagi umat manusia. Maka pada akhirnya terserah pada manusian itu sendiri untuk dapat memanpatkan keunggulan teknologi ilmu pengetahuan alam.

5.Dampak perkembangan IPTEK dalam bidang komunikasi

Sebagai makhluk social manusia perlu berkomunikasi dengan sesamanya. Cara yang paling sederhana adalah dengan bertatap muka secara langsung, tetapi bila jaraknya jauh tentu diperlukan alat komunikasi.Kemajuan dibidang komunikasi ini dimulai dengan ditemukannya telegraph yang masih mempergunakan kawat oleh Samuel morse (1832), kemudian disempurnakan oleh Guighelmo Marconi yang sudah tanpa kawat (1895). Pada tahun 1872, Alexander Abraham Bell menemukan pesawat telpon, mula-mula masih mempergunakan kawat, kemudian digantikan dengan gelombang radio. Untuk keperluan kantor, sekarang orang dapat mempergunakan telex (teleprinter exchange).

sumber :

http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2020/06/06/7-jenis-kinemaster-pro/