Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Pengertian dan Contohnya

Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Pengertian dan Contohnya

Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Pengertian dan Contohnya

Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Pengertian dan Contohnya
Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Pengertian dan Contohnya

Pengertian pasar persaingan tidak sempurna

Pasar persaingan tidak tepat yaitu kebalikan dari pasar persaingan tepat yaitu pasar yang terdiri atas sedikit penjual dan banyak pembeli.

Pada pasar ini penjual sanggup memilih harga barang. Barang yang diperjualbelikan jenisnya heterogen (berbagai jenis barang).

Pasar persaingan tidak tepat yaitu pasar yang tidak terorganisasi secara sempurna, atau bentuk pasar di mana salah satu ciri dari pasar persaingan tepat tidak terpenuhi.

Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna

Pasar persaingan tidak tepat memiliki beberapa bentuk pasar, yaitu pasar monopoli, pasar persaingan monopolistis dan pasar oligopoli. (https://blog.fe-saburai.ac.id/pengertian-seni-rupa-murni-jenis-gambar-dan-10-contohnya/)

Ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna

1. Sedikit sekali penjual atau produsen dan banyak pembeli
2. Harga tidak ditentukan oleh pasar dan hanya ditentukan oleh penjual yang sedikti tersebut
3. Tidak Adanya campur tangan pemerintah dalam memilih harga
4. Barang yang diperjual belikan semacam
5. Penjual lainnya tidak bisa memilih harga barang

Contoh pasar persaingan tidak sempurna

Contoh dari pasar persaingan tidak tepat diantaranya yaitu Pertamina, PLN, Perusahaan Mobil dan Motor serta IPTN.