Umum

Umum

Menelusuri Sejarah Pulau Tidung

Menelusuri Sejarah Pulau Tidung

Menelusuri Sejarah Pulau Tidung

Menelusuri Sejarah Pulau Tidung
Menelusuri Sejarah Pulau Tidung

Menelusuri Sejarah Pulau Tidung- Sobat, pastinya kalian sudah mengenal Pulau Tidung yang terkenal dengan cerita jembatan cinta?  Sebagai Penghubung Pulau Tidung Besar dan Kecil, jembatan Cinta ini kian cantik dan romantis, apalagi bila menjelang sorehari. Jika belum begitu mengenal Pulau ini ada baiknya membaca lebih lanjut artikel ini untuk Menelusuri Sejarah Pulau Tidung. Dijamin kalian pasti ingin segera berliburan ke pulau kecil ini.  Yuk check …!

Sejarah Pulau Tidung

Di wilayah Kepulauan Seribu, Pulau Tidung menjadi bagian dari gugusan yang paling besar. Luasnya mencapai 109 ha dan populasi sekitar 5 ribu jiwa. Lokasinya cukup mudah ditelusuri dari Jakarta daratan. Sobat hanya  perlu naik kapal dari Pelabuhan Muara angke menggunakan Marina Ancol.

Menurut sejarahnya, pada jaman dahulu pulau ini dijadikan oleh pihak kerajaan Batavia untuk basis strategi melawan Belanda. Dalam buku yang berjudul Sejarah jakarta, yang terbit tahun 1960 atau 1970-an dituliskan bahwa Fatahillah menyerbu Portugis di Malaka menggunakan pulau-pulau di teluk Jakarta ini untuk mengatur strategi.

Pulau ini sudah mulai dihuni sejak tahun 1920-an

Pulau ini dijaga oleh seorang penjaga pulau yang didatangkan dari Rawa Belong, Jakarta Barat. Saat kedatangan penjajah Jepang pada tahun 1942, para penghuni Pulau Tidung diungsikan ke daerah Tegal Alur Jakarta Barat selama tiga tahun. Setelah kepergian Jepang, penduduk kembali menghuni pulau ini.

Pulau Tidung menjadi pusat kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dari 3 keluarahan yang ada disana. Tiga Kelurahan tersebut antara lain: Kelurahan Pulau Pari, Kelurahan Pulau Untung Jawa dan Kelurahan Pulau Tidung.

Pulau ini terbagi menjadi dua bagian yakni Tidung Besar dan Tidung Kecil. Nah di sini lah terdapat jembatan cinta yang sudah cukup terkenal itu. Jembatan ini menghubungkan Tidung Besar dan Tidung Kecil dan memiliki panjang sekitar 2.5 km. Banyak sekali wisatawan yang datang dan tidak melewatkan kesempatan berkunjung ke jembatan yang memiliki kesan eksotik dan menawan ini.

Sebenarnya nama Pulau Tidung diambil dari nama daerah yang ada di Kalimantan Timur yakni  Desa malinau yaitu “tana tidung”

Tidung merupakan nama pemberian Raja Raja dari suku Tidung yang diusir oleh kolonial belanda karena tidak mau diajak kerjasama. Raja tersebut bernama Pandita alias Kaca alias Sapu. Raja kemudian melanglang buana sampai ke Jepara lalu beliau hijrah hingga akhirnya sampai di sebuah pulau yang sekarang dikenal dengan nama Pulau Tidung.

Hingga ratusan tahun berlalu tidak ada satu orang pun yang mengetahui bahwa Raja Pandita adalah seorang Raja dari Kalimantan Timur. Pasalnya selama tinggal di sana raja tidak pernah membawa embel-embel gelarnya dan hanya dikenal dengan sebutan “Kaca”. Sampai meninggalnya pun Kaca hanya dikenal sebagai masyarakat biasa yang tidak beda dengan masyarakat lainnya.

Identitasnya kemudian baru diketahui ketika sekelompok keluarga Raja Pandita dari Kalimantan yang penasaran dengan nama Pulau Tidung. Setelah ditelusuri penamaan pulau tersebut merupakan pemberian dari nama raja mereka yang sudah hilang selama bertahun-tahun.

Keluarga kerajaan dari Kaltim kemudian bertemu dengan keluarga Kaca di pulau Tidung.Ternyata nama Kaca merupakan nama kecil Raja Pandita sebelum diangkat dari Raja. Nah sekarang sudah tahu kan bagaimana Sejarah Pulau Tidung. Semoga semakin menambah informasi. Terimakasih sudah membaca.

Baca juga artikel:

Kanker Penyakit Yang Paling Mahal

Kanker Penyakit Yang Paling Mahal

 

Kanker Penyakit Yang Paling Mahal

 

Kanker di urutan Pertama

Kanker ternyata menjadi penyakit urutan pertama yang membuat pasiennya menjadi “kantong kering” alias bangkrut. Dalam konferensi global para ahli kanker di China minggu ini, para ahli juga menyatakan penyakit kanker sebagai penyebab utama kematian.

Dalam laporan para ahli yang tergabung dalam American Cancer Society disebutkan, kanker mengurangi produktivitas penderitanya jauh lebih banyak dibanding AIDS, malaria, flu, dan penyakit lain yang menular dari orang ke orang.

Menurut Rachel Nugent dari Center for Global Development,

penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung dan diabetes menyebabkan 60 persen kematian di seluruh dunia, namun dana yang diperuntukkan untuk menanggulanginya tidak sampai 3 persen.

“Memang tidak seharusnya dana yang dipakai untuk memerangi penyakit menular dikurangi, namun jumlah yang diberikan untuk mengatasi kanker tidak sebanding dengan akibat yang ditimbulkan penyakit tersebut,” kata Dr.Otis Brawle dari lembaga riset kanker, AS.

Berbeda dengan penyakit jantung yang kebanyakan menyerang orang-orang berusia lanjut, kanker seringkali menyerang orang yang masih dalam usia produktif.

Biaya ekonomi untuk penyakit kanker adalah :

mencapai 895 miliar dollar AS di tahun 2008 atau setara dengan 1,5 persen dari produk domestik bruto dunia. Jumlah itu meliputi kecacatan dan usia yang hilang, tidak termasuk ongkos pengobatan penyakit.

Badan kesehatan dunia sejak lama telah memprediksi kanker akan mengambil alih penyakit jantung sebagai penyebab utama kematian di dunia. Tahun 2008, 7,6 juta orang meninggal akibat kanker dan 12,4 kasus baru didiagnosa setiap tahunnya.

Penyebab Peningkatan Penyakit kronis

Penggunaan tembakau dan obesitas diyakini menjadi penyebab peningkatan kasus penyakit kronis sedangkan vaksin dan terapi perawatan yang semakin baik membuat angka penyakit infeksi terus menurun. Karena itu, PBB saat ini terus mendorong perhatian berbagai pihak akan penyakit-penyakit tidak menular yang terus meningkat.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Sengaja saya share buat anda yang spesial yang ingin mengetahui Cara diet dan menurunkan berat badan secara alami, silahkan anda simak Langkah-langkah berikut.

Menghindari Junk Food

Junk Food tersebut telah menjadi sangat trend di zaman sekarang, Penyajian yang sangat cepat sering di jadikan sebagai pilihan, Namun makanan ini sangat tidak baik untuk anda yang bertekat diet. Dan pada makan yang secap saji, Sarat dan kalorinya kebanyakan berasal dari lemak, didalam satu porsi makanan cepat saji tersebut yaitu sejenis Junk Food bisa memenuhi kebutuhan kalori tubuh dalam satu hari saja. Nah Hindarilah makanan tersebut maka menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat bukan lagi impian belaka buat anda.

Menghindari minuman yang bersoda

Sebisa mungkin anda hindarilah minuman yang bersoda, karena dalam sebotol kecil minuman bersoda tersebut terdapat 250 kalori yang semuanya yang berasal dari sejenis gula. Lagi pula tidak terdapat vitamin pada minuman bersoda tersebut, Bagi mereka yang sering meminum minuman yang bersoda tersebut akan lebih besar resiko terkena Obesitas. Seperti diabetes dan Osteoporosis.

Meningkatkan porsi waktu olahraga

Jika sebelumnya, anda memiliki jadwal berolahraga rutin, maka saatnya untuk meningkatkan dan menambah porsi berolahraga anda. Apabila sebelumnya anda tidak memiliki jadwal yang rutin, maka segeralah mengatur jadwal berolahraga untuk ke Gym. Dan cobalah menggunakan elliptical trainer selama 40 menit selama 5 hari. Nah hal seperti ini mampu menurunkan berat badan lebih cepat, Bukan hanya itu saja, badan anda pun terasa lebih bugar dan sehat.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel cara diet atau menurunkan berat badan secara alami tersebut, Semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya.

Baca juga artikel:

Cerpen Lucu Singkat Terbaru

Cerpen Lucu Singkat Terbaru

Cerpen Lucu Singkat Terbaru

Cerpen Lucu Singkat Terbaru
Cerpen Lucu Singkat Terbaru

Selamat datang admin ucapkan buat sobat pembaca yang baru pertama kali berkunjung ke blog ini, dan selamat berjumpa kembali buat sobat pembaca pengunjung setia blog ini. Buat sobat  yang baru pertama kali berkunjung kesini, jangan lewatkan juga untuk membaca postingan admin bertema humor di kategori humor lucu.

Kumpulan cerpen lucu

Si Paijo dan Guru BK

Iteung baru saja di terima sebagai guru bimbingan konseling di sebuah sekolah. Suatu hari dia melihat si Paijo berdiri sendirian di pinggir lapangan belakang sekolah. Sementara ada murid yang lain sedang asyik bermain bola di tengah lapangan. Karena merasa kasihan, Iteung mendekat dan menyapa dengan ramah.
“Hai Paijo, bolehkah Bu Guru menemani kamu?”
“Iya, boleh Bu”, Paijo menjawab.
Tapi pandangan mata anak itu masih tertuju pada teman- temannya di tengah lapangan.
“Ah, anak ini kasihan sekali.. Pasti dia ingin ikut bermain”, pikir Iteung.
Sebagai guru bimbingan konseling yang baik, Iteung ingin tahu masalah apa yang membuat Paijo menyendiri seperti itu. Iteung pun bertanya,
“Kenapa kamu berdiri di sini sendirian, Paijo ?”
Paijo menjawab ” Saya sedang jadi kiper, Bu.”
Iteung…. @#$%?_ &^(/???)^_^

Tiada Kata Terlambat

 
Suatu hari, JUHRO telat masuk sekolah. JUHRO yang kemudian ditanya gurunya.
Guru : Juhrooooooo ! Kenapa kamu terlambat???
Juhro : Setahu saya pak, tidak ada kata terlambat untuk menimba ilmu..
Guru : **nelen penghapus** 

Perang Harus Dihentikan

Bu Guru: Anak – anak, Kenapa kita harus mengupayakan perdamaian dan menghindari peperangan?
Murid: Supaya tidak bertambah daftar – daftar pahlawan yang harus kita hapal bu!
Bu Guru: ….

Bejo koplak

Bejo: pak saya mau ngelamar anak bapak,,
 
bapak: lu jangan main2 jo,, apa lu udah pikirkan semuanya???
 
Bejo: sudah pak,, saya sudah siap lahir batin,,
 
Bapak: baggoss.. Kalo gitu lu punya apa??
 
Bejo: saya punya sawah 1000 hektare, ferarri 5 unit,, 13 harley davidson dan perusahaan di mana mana,,
Bapak: wowww (kaget),,, saya terima lamaran lu jo,, ngomong2 apa pekerjaan mu sehari hari??
 
Bejo: ngibulin orang pak,, (langsung kaburr)
 
Bapak: *#*@?*#.. (ngasah goloq)Wkwkwkwk

Obrolan Ayam dan Bebek

bebek: yam, berapa harga telormu..?
ayam: Rp 1.450, kalo kamu berapa..?
bebek: kalo telorku Rp 1.500…
ayam: wah lebih mahal yah…
bebek: makanya kalo bertelor itu lebih besar dikit napa…
ayam: sooorriii la yau,. cuma gara2 gocap (50 perak) Robek pantat ku… wkwkwk

Salah Nurunin Resleting

 
Tumini seorang wanita dewasa pegawai sebuah kantor swasta asing pagi itu mau berangkat kerja dan lagi menunggu bus kota di mulut gang rumahnya. Seperti biasa pakaian yang dikenakan cukup ketat, roknya semi-mini, sehingga bodinya yang seksi semakin kelihatan lekuk likunya.
 
Bus kota datang, tumini berusaha naik lewat pintu belakang, tapi kakinya kok tidak sampai di tangga bus. Menyadari keketatan roknya, tangan kiri menjulur ke belakang untuk menurunkan sedikit resleting roknya supaya agak longgar.
 
Tapi, ough, masih juga belum bisa naik. Ia mengulangi untuk menurunkan lagi resleting roknya. Belum bisa naik juga ke tangga bus. Untuk usaha yang ketiga kalinya, belum sampai dia menurunkan lagi resleting roknya, tiba-tiba ada tangan kuat mendorong pantatnya dari belakang sampai Marini terloncat dan masuk ke dalam bus.
 
Tumini melihat ke belakang ingin tahu siapa yang mendorongnya, ternyata ada pemuda gondrong yang cengar-cengir melihat Tumini.
 
“Hei, kurang ajar kau. Berani-beraninya nggak sopan pegang-pegang pantat orang!”
 
Si pemuda menjawab kalem, “Yang nggak sopan itu situ, Mbak. Masak belum kenal aja berani-beraninya nurunin resleting celana gue.”
Lucu kan sob…?! Semoga sobat pembaca terhibur dengan cerpen lucu pendek diatas.  Sekian untuk update kali ini, semoga rasa bete, capek dan lelah sobat hilang semua… Aamiin. Jangan lupa share juga ke teman-teman yang lain ya… Terima kasih dan semoga hari sobat menyenangkan.
Baca juga artikel:

Pesantren dan Pendidikan

Pesantren dan Pendidikan

Pesantren dan Pendidikan

Pesantren dan Pendidikan
Pesantren dan Pendidikan

Pondok pesantren yang merupakan

Sarana pendidikan agama Islam dinilai turut mengambil bagian penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Pesantren, yang hanya dimiliki Indonesia itu, berperan membangun sensitifitas kebangsaan pada masa penjajahan.
“Pesantren ini menjadi tonggak. Sejarahnya, Belanda cukup direpotkan dengan pesantren,” ujar Sekretaris Lembaga Pendidikan Maarif Nahdlatul Ulama Mamat. S Burhanuddin dalam diskusi Rekfleksi Akhir Tahun Islamic College, Jakarta, Jumat (24/12/2010).

 

Mamat mengatakan, pondok pesantren membangun sensitifitas

Kebangsaan yang membuat pribumi merasa berbeda dari kompeni. Salah satu caranya dengan mengeluarkan fatwa yang melarang santri-nya mengenakan pakaian ala Belanda.

“Haram pakai baju orang belanda, kemeja, dasi, yang menyerupai suatu kaum itu bagian dari kaum itu. Tapi sayangnya fatwa itu tidak segera dianulir. Sampai sekarang masih ada yang selalu pakai sarung,” tuturnya.

 

Hanya saja, kata Mamat, saat ini pesantren tidak lagi dipandang demikian baik.

Berdasarkan hasil penelitian di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, lanjutnya, pesantren atau lembaga pendidikan Islam lainnya seperti madrasah, didiskreditkan sebagai sarang teroris. Media-media luar pun menyamakan pesantren di Indonesia dengan pusat pendidikan Islam di Timur Tengah.

 

“Padahal sangat jauh berbeda,” pungkasnya.

Selain itu, pengajar di UIN Syarif Hidayatullah ini melanjutkan, Nahdlatul Ulama (NU) sangat prihatin dengan indikasi keberadaan kelompok-kelompok yang berusahan mencari identitas bangsa lain yang kabur dari identitas bangsa. Padahal, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan suatu hal yang final.

“Tinggal bangsa Indonesia perlu mengisi identitas kebangsaannya ini, yang selama ini seringkali dicoba, digoyang, dikeroposi,” katanya.

Identitas kebangsaan Indonesia, lanjut Mamat, seringkali digerogoti oleh indentitas lain seperti primodialisme keagamaan atau kedaerahan. Hal tersebut, lanjut Mamat, cukup berbahaya bagi bangsa. Oleh karenanya, peran para ulama dibutuhkan dalam mengisi identitas kebangsaan Indonesia.

Baca Juga :