Candi Prambanan

         Selama hampir 3 jam perjalanan akhirnya kami sampai di Candi Prambanan pukul 10.00 WIB. Candi Prambanan merupakan kelompok candi yang dibangun oleh raja-raja Dinasti Sanjaya pada abad IX. Ditemukannya tulisan nama Pikatan pada candi menimbulkan pendapat bahwa candi ini dibangun oleh Rakai Pikatan yang kemudian diselesaikan oleh Rakai Balitung berdasarkan prasasti berangka 856 M “Prasasti Siwargrarha” sebagai manifest politik untuk meneguhkan kedudukannya sebagai raja yang besar.Prasasti Siwargrarha tahun 856 M yang dikeluarkan oleh Rakai Pikatan tidak diketahui asalnya, kini disimpan di Museum Nasional Jakarta. Hal lain yang menarik adalah 2 buah candi Apit, masing-masing didekat pintu masuk utara dan selatan. Terjadinya perpindahan pusat kerajaan Mataram ke Jawa Timur berakibat tidak terawatnya candi-candi di daerah Prambanan, kondisi ini semakin parah dengan terjadinya gempa bumi dan beberapa kali meletusnya Gunung Merapi yang menjadikan candi Prambanan runtuh dan meninggalkan puing-puing batu yang berserakan. Candi Prambanan dikenal kembali saat seorang Belanda bernama C.A.Lons mengunjungi Jawa pada tahun 1733 dan melaporkan tentang adanya reruntuhan candi yang ditumbuhi semak belukar.

         Usaha pertama kali untuk menyelamatkan candi Prambanan dilakukan oleh Ijzerman pada tahun 1885 dengan membersihkan bilik-bilik candi dari reruntuhan batu. Pada tahun 1902 dimulai pekerjaan pembinaan yang dipimpin oleh Van Erp untuk candi Siwa, candi Wisnu dan candi Brahma. Perhatian terhadap candi Prambanan terus berkembang. Pada tahun 1933 berhasil disusun percobaan candi Brahma dan Wisnu. Setelah mengalami berbagai hambatan pemugaran diselesaikan oleh bangsa Indonesia, tanggal 23 Desember 1953 candi Siwa selesai dipugar dan secara resmi dinyatakan selasai oleh Presiden Dr. Ir. Sukarno. Setelah kami menikmati keindahan dan kemegahan Candi Prambanan, kami semua bersiap-siap menuju ke objek wisata selanjutnya yaitu Tirtonirmolo Waterpark.

Tirtonirmolo Waterpark

         Pukul 13.00 WIB, kami semua beserta rombongan sampai di Tirtonirmolo Waterpark.Taman bermain Tirrtonirmolo merupakan bagian dari hotel Galuh Tirtonirmolo yang berada diantara  Candi Prambanan dengan Candi Plaosan dan tidak jauh dariCandi Ratu Boko, secara administrasi berada di Kabupaten Klaten Propinsi Jawa Tengah. Sedang dari candi prambanan berjarak kurang lebih 2 km ke arah timur. Aneka permainan dan kolam renang dengan beberapa macam ukuran dapat dinikmati ditempat ini. Untuk kolam renang terdapat beberapa macam kolam dengan ukuran dan jenis yang berbeda. Diantaranya adalah Kolam mandi Bola, Kolam renang seluncur, Kolam renang laba laba, Kolam anak-anak, Kolam Arus, Kolam Air mancur, kolam taman air, Kolam renang dewasa, kolam renang Songsong gora, kolam seluncur anak, kolam kuda laut.Sedangkan untuk permainan anda dapat menikmati komedi putar, kereta wisata, kereta mini electrik, mobil lektrik, animal elektrik, Motor trex kecil dan besar, motor ATV, boom boom car, boom boom boat, pesawat putar, jinontro ginggong / bianglala, jungle train, sangkar putar, gokart, becak mini, bioskop 3 dimensi, Flying fox, arena jumping, perahu. Taman bermain Tirtonirmolo tersebut buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.30 WIB harga tiket masuk Rp. 10.000,- dan anda bebas untuk menikmati beberapa kolam yang ada tanpa harus mengeluarkan biaya lagi, terkecuali jika ingin menikmati permainan tiket dapat diperoleh dimasing masing bagian permainan dengan harga yang bervariasi tergantung jenis permainanan dan juga hari kunjungan, jika pada hari libur atau sabtu minggu akan sedikit lebih mahal dari hari biasa. Kisaran harga tiket permainan mulai dari Rp. 3.500,- hingga Rp. 25.000,- untuk hari biasa sedang hari sabtu – minggu dan hari libur bisa mencapai Rp. 30.000,- Anda juga dapat menyewa untuk kelengkapan renang ditempat ini seperti pelampung berupa ban besar warna, pelampung karet dengan harga antara Rp. 3.000,- hingga Rp. 6.000,- . Dengan kelengkapan fasilitas tersebut Taman bermaian ini sangat cocok bagi anda dan keluarga untuk menghabiskan waktu libur atau sekedar refreshing bersama keluarga.

         Setelah kami puas bermain air di Tirtonirmolo Waterpark, kami bersiap-siap menuju ke objek wisata selanjutnya yaitu Malioboro.

Sumber: http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2020/07/14/jasa-penulis-artikel/