BPCB akan mendata lukisan prasejarah di gua-gua Pulau Kisar

Jun 1, 2020 by rumahbagus

BPCB akan mendata lukisan prasejarah di gua-gua Pulau Kisar

BPCB akan mendata lukisan prasejarah di gua-gua Pulau Kisar

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Maluku Utara akan mendata lukisan-lukisan

peninggalan prasejarah pada dinding 36 gua yang tersebar di Pulau Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya, pada 14 November.

Kepala BPCB Maluku Utara Muhammad Husni saat dihubungi melalui telepon selulernya dari Ambon, Senin, mengatakan pendataan dilakukan untuk mengetahui kondisi lukisan dinding prasejarah pada gua-gua tersebut.

Tim arkeolog gabungan dari Universitas Gadjah Mada, Australian National University dan Balai Arkeologi Maluku menemukan lukisan-lukisan prasejarah pada dinding 36 gua Pulau Kisar saat melakukan survei di 86 gua pada Mei dan Oktober 2015.

Lukisan pada dinding gua antara lain ditemukan di Gua Jawalang, Intutun,

Here Sorot Entapa dan Lene Hena.

“Pendataan ini untuk menyediakan data awal dari kondisi cagar budaya dan lingkungannya sebagai bahan kajian dan penilaian bagi landasan pelestariannya, baik secara kuratif maupun prefentif,” katanya.

Pendataan 14 – 28 November, menurut dia, akan dilakukan dengan dua metode yakni pengambilan data verbal dan data piktorial.

Perekaman data verbal meliputi pencatatan setiap keterangan atau informasi terkait objek

cagar budaya, juga deskripsi bentuk lukisan, teknik, warna, ukuran, keletakan dan arah hadap lukisan, serta observasi kerusakan dan keterawatannya.

Sementara pendataan piktorial mencakup pembuatan sketsa, gambar yang meliputi tampak, potongan, detail, elevasi, prespektif, denah dan peta posisi lukisan, serta foto dan rekaman video tentang objek dan kondisinya.

 

sumber :

https://sel.co.id/seva-mobil-bekas/