Bentuk – bentuk dari teori Psikodinamik, Kognitif, Kontekstual, Behavioral, dan Sosial Belajar

  1. Bentuk dari teori Psikodinamik yaitu:

Bahwa teori Psikodinamik dalam psikologi perkembangan banyak dipengaruhi oleh bentuk teori lain yaitu:

  1. a)Teori Psikoseksual Freud

Sigmund Freud (1856-1939) merupakan pelopor teori psikodinamik. Teori ini berfokus pada masalah alam bawah sadar, sebagai salah satu aspek kepribadian seseorang. Freud yakin bahwa kepribadian manusia memiliki tiga struktur penting, yaitu id, ego dan super ego. Id merupakan struktur kepribadian yang asli, yang berisi segala sesuatu yang secara psikologis telah ada sejak lahir, termasuk insting-insting. Id merupakan severvoir energy psikis dan meyediakan seluruh daya untuk menggerakkan kedua struktur kepribadian lainnya.

Ego adalah struktur kepribadian yang berurusan dengan tuntutan realitas. Ego di sebut sebagai “executive branch” (badan pelaksana) kepribadian karena ego membuat keputusan-keputusan rasional dan memiliki fungsi tertentu. Superego adalah struktur kepribadian yang merupakan badan moral kepribadian. Perhatian utamanya adalah memutuskan apakah sesuatu itu benar atau salah, sehingga ia dapat bertindak sesuai dengan norma-norma moral yang diakui oleh masyarakat.

Dengan demikian dapat dipahami bahwa id, ego dan superego adalah suatu konsep untuk menjelaskan komponen-komponen perkembangan biologis (id), psikologis (ego) dan social (superego).

sumber :