Batasan Pergaulan Antara Laki-Laki dan Perempuan dalam Masa Khitbah

Jun 27, 2020 by rumahbagus

Batasan Pergaulan Antara Laki-Laki dan Perempuan dalam Masa Khitbah

Batasan Pergaulan Antara Laki-Laki dan Perempuan dalam Masa Khitbah

Peminangan (khitbah)

adalah proses yang mendahului pernikahan akan tetapi bukan termasuk dari pernikahan itu sendiri. Pernikahan tidak akan sempurna tanpa proses ini, karena Peminangan (khitbah) ini akan membuat kedua calon pengantin akan menjadi tenang akibat telah saling mengetahui. Oleh karena itu, walaupun telah terlaksana proses peminangan, norma-norma pergaulan antara calon suami dan calon istri masih tetap sebagaimana biasa. Tidak boleh memperlihatkan hal-hal yang dilarang untuk diperlihatkan karena agama tidak memperkenankan melakukan sesuatu terhadap pinangannya kecuali melihat, apabila menyendiri dengan pinangannya akan menimbulkan perbuatan yang dilarang oleh agama. Akan tetapi bila ditemani oleh salah seorang mahramnya untuk mencegah terjadinya perbuatan-perbuatan maksiat maka dibolehkan.

Adapun batasan pergaulan

yang boleh dilakukan ketika dalam masa khitbah adalah:

1. Seorang peminang boleh melihat calon istrinya dengan berniat benar-benar ingin menikahinya, yang boleh dilihat pada waktu meminang adalah wajah dan telapak tangannya calon istri, sebab wajah adalah pancaran jiwa, sedangkan kedua telapak tangan biasanya menunjukan kebersihan tubuh dan kesuburannya. Seorang pria yang bermaksud menikahi seorang wanita dianjurkan melihat calon istrinya tersebut sebelum menikahinya. Dia diperbolehkan mengulang-ngulang melihatnya agar bisa meyakinkan hati dan menimbulkan kemantapan, serta agar tidak menyesal di kemudian hari.
2. Diperkenankan bercakap-cakap dengan calon istri selagi tidak menjurus kemaksiatan. Tidak diperkenankan untuk berjabat tangan dengan calon istri dalam keadaan bagaimanapun, sebab calon istri adalah ‘’wanita asing’’ sebelum adanya akad nikah
3. Pada saat meminang, sang peminang dengan yang dipinang tidak diperkenankan berdua-duaan, namun harus ada mahramnya juga. Sebab islam mengharamkan pertemuan seorang laki-laki dan perempuan (bukan mahramnya) secara berduaan.

Baca Juga: