Arus, tegangan, dan energy listrik
  1. Arus, tegangan, dan energy listrik

Arus, tegangan, dan energy listrik

Dirumah, mungkin kamu atau adikmu memiliki mainan berupa mobi-mobilan atau kereta api yang di gerakkan oleh batre batre yang menggerakan permaianan ini menunjukan adanya peruses perubahan energy jika mobil mobilan itu kamu nyalakan. Didalam batre terdapat zat-zat kimia. Artinya didalam batre terdapat energy kimia. Energi kimia ini berubah menjadi energyi listrik, dan energy listriklah yang mampu menggerak kan mobil-mobilan

Jika sebuah sumber tegangan melakukan usaha dengan mengalirkan arus listrik, maka sumber tegangan itu akan melepaskan energi. Besarnya energi yang dilepaskan oleh sumber tegangan ini dipengaruhi oleh beberapa factor. Untuk mengetahui factor-faktor tersebut lakukanlah kegiatan dalam jelajah konsep berikut.

Jelajah konsep

Faktor yang mempengaruhi besar energy yang di lepaskan oleh sumber tegangan Seiakan : 4 buah batre, saklar, kabel, elemen pemanas berupa gulungan kawat, gelas beaker, air, thermometer, dan fol meter

Cara kerja :

  1. Susunlah alat-alat seperti gambar beriku
  2. Tutuplah saklar, dan perhatikan besar tegangan dan arus
  3. Biarkan arus mengalir selama 1 menit. Catat suhu air
  4. Tambah sunber tegangan denga 2 buah batrai lagi sehingga terdapat 4 buah batrai
  5. Tutup kembaki saklar, dan perhatikan tegangan dan arus. Apakah tegangan dan arus lebih besar/ama/lebi kecil dari semula?
  6. Biarkan arus mengalir selama 1 menit. Catat suhu air.
  7. Biarkan pemanasan berlangsung 1 menit lagi (berarti memperbesar waktu). Catat suhu air.
  8. Apa kesimpulanmu?

Dari hasil kegiatan di atas dapat disimpulkan bahwa:

  1. Semakin besar beda potensial, semakin cepat naiknya suhu air  Jadi, energi yang dilepaskan dan diubah menjadi kalor sebanding dengan beda potensial.
  2. Semakin besar arus yang mengalir pada alat, semakin besar pula naiknya suhu air. Jadi,energi yang dilepaskan dan diubah menjadi kalor sebanding dengan kuat arus yang mengalir lewat alat tersebut.
  3. Semakin lama arus mengalir lewat alat, semakin besar naiknya suhu air. Jadi, energi yang dilepaskan dan diubah menjadi kalor sebanding dengan waktu.

Fokus IPA

Energi listrik dapat digunakan untuk menyalakan mesin cuci, lampu, kompor, setrika, dan sebagainya. Ini berarti listrik dapat diubah menjadi energi gerak, kalor, cahaya, dan sebagainya. Pada saat energi listrik diubah menjadi energibentuk lain oleh alat listrik, berarti sumber tegangan telah melakukan usaha.

baca juga :