Aneka ragam kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

Jul 11, 2020 by rumahbagus

Aneka ragam kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

Pada bagian ini, kita akan mempelajari dua hal. Pertama, kita akan belajar tentang diferensiasi social. Kemudian, kita akan belajar bagaimana menyikapi keanekaragaman kelompok social dalam masyarakat kultikultural.

Diferensiasi social

Didalam kehidupan bermasyarakat atau individu-individu dibeda-bedakan berdasarkan cirri-ciri tertentu. Misalnya, orang dibedakan berdasarkan cirri-ciri fisik ( kulit kuning, kulit putih, kulit hitam ) profesi, kebudayaan dan sebagainya. Dalam ilmu social, khususnya sosiologi, penggolongsn atau pengelompokan semacam ini disebut diferensiasi social.

Diferensiasi social adalah pengelompokkan warga masyarakat secara horizontal berdasarkan kesamaaan cirri-ciri tertentu. Penggolongan secara horizontal maksudnya tidak menghitungkan perbedaan tingka-tingkatnya, tetapi hanya membedakan golongan masyarakat majemuk, pengelompokan horizontal itu bisa berdasarkan pada perbedaan ras, etnis, klan, dan agama. Pengelompokan juga bisa berdasarkan pada perbedaan profesi dan jenis kelamin.

Pengelompokan masyarakat berdasarkan ras, etnis, klan dan agama disebut kemajemukan social. Sementara itu, pengelompkan masyarakat berdasarkan perbedaan profesi dan jenis kelamin yang disebut heterogenitas social.

Kemajemukan masyarakat ditandai adanya perbedaan berdasarkan ciri-ciri isi, ciri-ciri sosial, dan ciri-ciri budaya.

  1. Ciri-ciri fisik. Ciri ciri fisik berkaitan dengan raswarna kulit, jenis rambut, bentuk mata, bentuk hidung, bentuk rahang dan sebagainya. Ciri-ciri fisik ini dapat diukur. Itu disebut ciri-ciri fenotip kuantitatif.
  2.  Ciri-ciri sosial. Ciri-ciri sosial ini berkaitan dengan jenis pekerjaan atau profesi. Berbedaan profesi atau pekerjaan menimbulkan perbedaan cara pandang dan perilaku dalam masyarakat. Misalnya, perilaku seseorang petani tentu berbeda dengan perilaku seorang tentara.
  3.  Ciri-ciri budaya. Ciri-ciri budaya ini berkaiatan erat dengan kebudayaan suatu mesyarakat yang membedakan dengan kebudayaan masyarakat ini lainnya. Perbedaan budaya ini berkaitan dengan pandangan hidup masyakarat menyangkut nilai-nilai yang dianut. Yang termasuk dalam ciri-ciri budaya antara lain adalah kepercayaan, sistem kekeluargaan, bahasa, model baju, dan adat istiadat.

Karakteristik masyarakat majemuk dapat kita kenali dari cara golongan warga masyarakat. Kita dapat menggolongkan masyarakat berdasarkan 6 kriteria, yaitu berdasarakan ras, suku bangsa, klan, profesi, agama, dan jenis kelamin.

https://haciati.co/