Al Hadis

Table of Contents

Al Hadis

Al Hadis

1)      Dari Shalib bin Suaib radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah S.A.W bersabda, “Tiga hal yang didalamnya terdapat keberkahan yaitu: jual beli secara tangguh, muqharadah (mudharabah), dan mencampuradukkan dengan tepung untuk keperluan rumah bukan untuk dijual”. (Hadis ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah Rahimahullahu Ta’ala)

2)      “Abbas bin Abdul Muthalib jika menyerahkan harta sebagai mudharabah, ia mensyaratkan kepada pengelola dananya agar tidak mengarungi lautan dan tidak menuruni lembah, serta tidak membeli hewan. Jika persyaratan itu dilanggar, ia (pengelola dana) harus menanggung risikonya. Ketika persyaratan yang ditetapkan Abbas didengar Rasulullah S.A.W beliau membenarkannya”. (Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Art-Thabrani Rahimahullahu Ta’ala dari Abdullah bin Abbas Radiyallahua’anhu).

  1. c)Ijma

Imam Zailai telah menyatakan bahwa para sahabat telah berkonsensus terhadap legitimasi pengelolaan harta yatim secara mudharabah.

Hikmah disyariatkannya sistem mudharabah adalah memberikan keringanan kepada manusia. Ada sebagian orang yang mempunyai harta, namun tidak mampu untuk membuatnya menjadi produktif. Ada sebagian orang lain yang mempunyai kemampuan atau keahlian namun tidak mempunyai harta untuk dikelola. Dengan akad mudharabah, diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pemilik harta dan orang yang memiliki keahlian. Dengan demikian, tercipta kerjasama antara modal dan kerja, sehingga dapat tercipta kemaslahatan dan kesejahteraan umat.

Adapun skema mudharabah sebagai berikut:

sumber :
https://www.malinoputra.co.id/forsaken-souls-i-apk/