AI untuk dunia kesehatan, permudah klaim asuransi hingga beli obat

Mei 28, 2020 by rumahbagus

AI untuk dunia kesehatan, permudah klaim asuransi hingga beli obat

AI untuk dunia kesehatan, permudah klaim asuransi hingga beli obat

Pemanfaatan teknologi artificial intelligence (AI) kini sudah mencakupi sejumlah industri di tanah air, salah satunya kesehatan.

GM Medlinx, Timur Bawono di Jakarta, Rabu mengatakan dengan memanfaatkan AI, perusahaannya mempermudah sistem klaim asuransi kliennya.

“Para peserta asuransi bisa melakukan klaim dari rumah sakit langsung ke asuransi. Bisa melihat result-nya langsung,” kata dia.

Menurut Timur, peranan AI juga mencakup analisa data. Pelaku industri kesehatan bisa memanfaatkan data untuk mendapatkan wawasan yang bisa membantu perkembangan bisnis mereka.

“Mereka bisa mendapatkan insight yang bisa membantu perkembangan bisnis mereka.

Misalnya kapan waktu yang tepat untuk menambah kapasitas tempat tidur (rumah sakit), kapan harus hire orang. Data-data yang ada di database rumah sakit itu valuable asset,” tutur dia.

Dalam kesempatan itu, VP Products of Halodoc, Alfonsius P.Timboel

mengungkapkan pemanfaatan AI bisa terwujud dalam pemesanan obat secara online dan mengirimkannya pada pemesan.

“Chatbox merupakan bentuk transformasi produk. Kami mulai investasikan platform teknologi yang berbeda, misalnya agar kualiatas konsultasi dengan dokter lebih baik, pengantaran obat. Pengguna kami 90 persen menggunakan fitur konsultasi dokter dan pharmacy delivery,” ujar dia.

Hanya saja, teknologi AI sudah sedemikian berkembang di Indonesia,

terbentur sejumlah hal. Untuk kasus Halodoc misalnya, belum adanya database obat yang terstandarisasi adalah salah satunya.

“Di Indonesia, tidak punya database obat terstandarisasi. Itu salah satu challange terbesar. Kalau nantinya semua sudah siap, tinggal tingkatkan kualitas dan manjemen agar produk lebih baik,” kata Alfonsius.

 

sumber :

https://ruangseni.com/seva-mobil-bekas/