6 manfaat jahe, simak ulasannya.

6 manfaat jahe, simak ulasannya.6 manfaat jahe, simak ulasannya.

Pernahkah anda berfikir manfaat jahe? mari kita ulas lebih dalam manfaat dari rimpang yang satu ini.

Jahe atau dalam nama latin di sebut Zingeber officinale adalah tanaman yang berbentuk rimpang yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Jahe sendiri sudah menjadi bagian dari bumbu pelengkap sejak zaman dahulu.

Berbagai manfaat yang di bisa di peroleh dari jahe. Bisa di dapat dengan mengolah nya sebagai wedang atau makan lain nya yang tentunya lezat untuk dinikmati.

Jahe sendiri terdiri dari tiga jenis yakni Jahe kuning, Jahe gajah dan Jahe merah.

1. Jahe Kuning

Jahe kuning merupakan jenis jahe yang banyak di minati oleh masyarakat pada umumnya. Jahe Kuning biasa digunakan sebagai bumbu masakan yang memberi aroma sedap dan bau yang khas.

Ukuran jahe rimpang lebih kecil jika dibandingkan dengan jahe yang lain. Dengan warna cenderung kekuningan.

2. Jahe Gajah

Dinamakan Jahe gajah karena memiliki ukuran yang lumayan besar dari jenis jahe yang lain namun rasa yang dihasilkan tidak terlalu kuat seperti jenis yang lain. selain itu daging jahe berwarna kuning keputihan.

3. Jahe Merah

Jahe merah adalah jahe yang mempunyai banyak kandungan minyak atsiri paling banyak dibanding jenis yang lain, Karena rasa yang kuat dari jahe merah ini maka jake merah banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu dan obat bahkan banyak perusahaan yang sudah mulai menggunakan jahe merah sebagai produk olahan nya.

Jahe merah memiliki rimpang yang berukuran kecil dan balutan kulit warna merah serta menyimpan serat yang lebih banyak dibanding jahe biasa.

Berikut ini merupakan manfaat yang di dapat dari jahe atau lebih dalam lagi simak 47 manfaat jahe yakni sebagai berikut:

1. Menjaga kondisi jantung

Jika tubuh menyimpan banyak kolesterol dan minyak yang merupakan susunan dari lemak nabati dan hewani maka, dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Hubungannya dengan khasiat jahe di dalam tubuh jahe berperan sebagai penurun kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih didalam tubuh.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bila ingin tubuh akan kebal dari serangan penyakit inilah solusinya!. Jahe dipercaya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau yang disebut dengan imunitas. Semakin kuat imunitas tubuh maka serangan penyakit dapat ditangkal.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat jahe lainnya Gangguan pencernaan sering menyerang kita dan jahe dapat mengatasi penyakit tersebut.

Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan. Gangguan pencernaan biasanya menimbulkan efek seperti kram dan rasa sakit yang timbul menjelang haid dapat dinetralisir dengan meminum air jahe secara rutin.

4. Mengatasi morning sickness.

Ibu hamil terkadang mengalami mual pagi atau istilahnya morning sickness di saat awal-awal kehamilan. Hal tersebut karena, pencernaan sedikit terganggu. Untuk mengurangi rasa mual tersebut meminum secangkir kopi jahe yang hangat setiap kali merasakan mual pada bangun tidur dipercaya menurunkan gangguan dari mual akibat morning sickness.

5. Menurunkan berat badan di dalam tubuh.

Jahe berfungsi untuk melebarkan Pembuluh darah yang menjadi bagian terpanas dari tubuh di sisi lain jahe juga menyumbang sedikit sekali kalori sehingga tidak mempunyai andil besar untuk menaikkan berat badan.

6. Mengobati sakit kepala

khasiat jahe sakit kepala karena kesibukan pekerjaan, anda dapat mengatasinya dengan meminum wedang jahe. wedang jahe meberikan efek relaksasi dan akhirnya menimbulkan ketenangan.

 

Sumber: https://multiply.co.id/whatsapp-berlakukan-pip-panggilan-video/