Kembang Tahu Si Lembut Kaya Manfaat

Kembang Tahu Si Lembut Kaya Manfaat

Kembang Tahu Si Lembut Kaya ManfaatKembang Tahu Si Lembut Kaya Manfaat

Kembang tahu. Nama yang sudah tidak asing lagi didengar. Namun tidak semua orang pernah mencicipi rasanya kembang tahu. Saya salah satunya. Sejak kecil sudah tidak asing dengan yang namanya kembang tahu. Karena ada keponakan yang hobi sekali makan kembang tahu. Terutama kembang tahu dengan kuah jahe.

Di sekitar rumah masih ada penjual kembang tahu keliling. Ada yang menggunakan gerobak dan ada juga yang menggunakan pikulan. Salah satunya sudah menjadi langganan keponakan. Makanya saya tak asing lagi dengan kembang tahu. Hanya saja tidak tertarik untuk mencicipinya. Dalam penglihatannya saya kala itu kok kurang menarik ya? Tipis begitu teksturnya. “Mana kenyang,” pikir saya.

Semangkuk kembang tahu kuah jahe

Saya baru mencicipi kembang tahu kuah jahe belum lama ini. Itu pun tidak sengaja. Ketika sedang dalam perjalanan ke Depok, kawan yang saya bonceng nyeletuk ingin kembang tahu. “Dingin-dingin gini enaknya makan kembang tahu.” Awalnya sempat bingung mau mencari di mana. Tiba-tiba kawan saya berteriak, “Itu…tuh ada warung kembang tahu.”

Maka berhentilah motor yang saya kendarai di sebuah kedai kembang tahu. Nama kedainya Kembang Tahu Aseng. Lokasinya di Jalan Margonda Raya, Depok. Inilah untuk pertama kalinya saya mencicipi kembang tahu kuah jahe.

Kembang Tahu Aseng

Kesan saya? Enak juga. Hanya lembut sekali teksturnya. Jadi kurang mantap saat memakannya. Mungkin karena saya belum terbiasa. Biasanya makan bubur sumsum.

Dari sini saya mulai mencari tahu. Apa itu kembang tahu? Apa sih manfaatnya? Kok banyak yang suka. Bahkan di daerah Bangka Belitung kembang tahu menjadi makanan favorit. Terutama saat udara dingin. Malam hari misalnya.

Tentang Kembang Tahu

Ternyata kembang tahu berasal dari endapan air perebus kedelai. Dalam bahasa Jepang disebut Yuba. Tofu Skin dalam bahasa Inggris. Sedangkan Thew Fufa nama Tionghoanya.

Kembang tahu memiliki banyak variasi. Tidak hanya kembang tahu kuah jahe yang biasa kita jumpai. Ada kembang tahu batang, kembang tahu simpul, kembang tahu tebal dan lain-lain. Untuk jenis kembang tahu di atas biasanya digunakan sebagai campuran sup, timlo, dan capcay.

Kembang Tahu kering. (Sumber: Wikipedia)

Di Jepang kembang tahu atau yuba dipercaya bisa membantu produksi ASI. Di Indonesia fungsinya sama seperti daun katuk. Jadi memang kembang tahu sangat bermanfaat sekali bagi ibu yang menyusui. Apakah hanya itu saja fungsi dan manfaat kembang tahu? Tidak. Berikut ini manfaat lain dari Kembang Tahu.

Manfaat Kembang Tahu

1 . Menurunkan tekanan darah tinggi
2 . Meredakan gangguan diare
3 . Menurunkan kolesterol
4 . Mencegah penyakit jantung konorer
5 . Mencegah kanker payudara.

Inilah sebagian manfaat dari kembang tahu. Makanan yang banyak mengandung protein, fosfor, zat besi dan selenium.

Setelah mengetahui betapa banyaknya manfaat dari Kembang Tahu. Yakin tak jatuh cinta dengan kembang tahu? Kalau saya sih iyes. (EP)

 

Pos-Pos Terbaru

 

Konro Bakar, Kuliner Khas Makassar yang Bikin Gusar

Konro Bakar, Kuliner Khas Makassar yang Bikin Gusar

Konro Bakar, Kuliner Khas Makassar yang Bikin GusarKonro Bakar, Kuliner Khas Makassar yang Bikin Gusar

Konro bakar bisa membuat gusar? Lebay.

Eh, tapi memang benar loh. Ini lebih menggelisahkan daripada menanti si dia. Kok bisa?

Jadi begini ya teman, akhir pekan kemarin saya dengan beberapa teman food blogger menikmati maksi (makan siang) di Warung Tekko De Entrance Arkadia, Jakarta.

Saat melihat-lihat menu makanan, konro bakar saus madu langsung menarik perhatian. Ternyata menu ini merupakan salah satu menu favorit pengunjung Warung Tekko.

Konro atau iga bakar merupakan salah satu makanan khas daerah Makassar selain sop iga dan coto Makassar yang sudah terkenal itu. Bagi saya yang suka kuliner, menu-menu ini tentu tak luput untuk dicicipi.

Namun saya agak sedikit trauma jika memilih menu daging-dagingan semacam ini. Karena pernah mendapati menu yang serat dagingnya masih alot. Ada juga yang serat dagingnya membuat nyangkut di gigi.

Jadilah kalau ingin memesan menu berbahan dasar daging agak gusar. Khawatir mengalami hal yang sama. Nah, saat menunggu menu konro bakar saus madu di sini pun saya merasa gusar.

Rasanya tidak nyaman jika sedang makan harus bermasalah dengan selilit alias daging yang nyelip.

Saat menu konro bakar saus madunya datang. Perasaan ini antara senang sekaligus gusar. Tetapi aroma dan sajian konro bakarnya sangat menggoda selera. Maka semua rasa gusar itu coba saya tepiskan.

Pelan-pelan saya nikmati konro bakar ini. Ternyata teksturnya sangat lembut. Berbeda dengan menu yang pernah saya coba di tempat lain. Bumbunya meresap rata. Saya pun menikmati makan siang ini dengan nyaman.

Dokpri

Konro bakar saus madu Warung Tekko ini memang beda. Jadilah dua kali memesan menu yang sama. Karena satu porsi kurang. Nikmatnya konro bakar saus madu bikin ketagihan. (EP)

 

Sumber: https://sonymusic.co.id/12-miliar-iphone-terjual-sejak-2007/

 

Tujuh Manfaat Teh Telang Bagi Tubuh

Tujuh Manfaat Teh Telang Bagi Tubuh

Tujuh Manfaat Teh Telang Bagi TubuhTujuh Manfaat Teh Telang Bagi Tubuh

Teh telang? Teh apaan tuh? Enak enggak?”
Pertanyaan yang terlontar saat saya memesan minuman di tempat kami (saya dan seorang kawan) bertemu.

Dokpri

Kawan saya semakin takjub begitu teh pesanan saya datang.

“Wah, menarik. Bagus ya warnanya? Mau pesan ini juga deh. Ada yang dingin gak?”

“Ada,” sahut Mba pelayannya.

Dokpri

Saya tersenyum. Berarti kawan saya ini benar-benar tidak tahu tentang teh telang. Namun dari antusiasnya melihat dan kemudian memesan teh tersebut, saya tahu kalau dia penyuka teh juga. Sambil menunggu pesanannya datang, obrolan ini saya selingi dengan cerita tentang teh telang.

Jadi, teh telang adalah teh yang dibuat dari campuran bunga telang. Makanya disebut teh telang. Bunga telang atau kembang telang sendiri sudah lama diketahui memiliki banyak manfaat.

Dokpri

Kembang telang yang nama latinnya adalah Clitoria Ternatea merupakan jenis tumbuhan merambat. Biasa ditanam atau tumbuh merambat di pagar dan halaman. Warna bunganya biru keungu-unguan.

Warna bunga telang kerap dimanfaatkan untuk membuat makanan atau minuman sebagai pewarna alami. Di Malaysia pewarna dari bunga telang digunakan untuk mewarnai ketan.

Sementara di Thailand pewarna dari bunga telang digunakan untuk minuman. Dan minuman ini cukup dikenal. Namanya nam dok ancha.

Sedangkan untuk teh telang yang kami pesan ini, banyak juga manfaatnya.

Berikut ini 7 manfaat teh telang bagi tubuh:

1 . Pereda sakit batuk dan tenggorokan
2 . Membuat mata menjadi cling
3 . Melancarkan air seni
4 . Mengobati bronchitis
5 . Melancarkan haid atau datang bulan
6 . Membasmi racun dalam tubuh
7 . Mengobati sakit kulit seperti bisul

Wow. Banyak sekali manfaat dari teh telang ini ya? Tak hanya warnanya yang menarik. Manfaat yang terkandung didalamnya pun tak kalah menarik.

Selain itu, teh telang ternyata mengandung antioksidan yang tinggi. Lebih kuat dari vitamin c.

“Wah, berarti saya tak salah pilih ya?” kata kawan saya.

“Tentu tidak. Pilihan aku sih sejauh ini selalu baik dan banyak manfaatnya,” sahut saya dengan nada menggoda.

“Pilihan apapun?” tanya kawan saya bergantian dengan nada menggoda.

“Ya, apapun,” sahut saya pasti.

“Contohnya?” tanya kawan saya lagi.

“Hmmmm, contohnya dalam memilih teman kencan sore ini. Saya enggak salah pilih toh,” kata saya pasti.

 

Sumber: https://duniabudidaya.co.id/pameran-elektronik-china-iceei-resmi-dibuka/

 

Pinjaman dari anggota

Pinjaman dari anggota

Pinjaman dari anggota

Pinjaman yang bersal dari anggota koperasi dapat disamakan dengan simpanan sukarela anggota kalau dalam simpanan sukarela, maka besar kecil darui nilai yang disimpan tergantung dari kerelaan masing-masing anggota. Sebaliknya dalam pinjaman koperasi meminjam senilai uang atau yang dapat dinilai dari uang yang berasal dari anggota; sedangkan besar kecil pinjaman tergantung dari kesanggupan anggota dan kebutuhan modal yang diperlukan oleh koperasi. Pinjaman yang diperoleh dari anggota ini bukan merupakan modal sendiri dan wajib dikembalikan kepada anggota bersangkutan sebagaimana layaknya pinjaman atau utang.

  • Pinjaman dari koperasi lain

Pada dasarnya diawali dengan adanya kerjasama yang dibuat oleh sesame bandan usaha koperasi untuk saling membantu dalam bidang kebutuhan modal. Bentuk dan lingkup kerjasama yang dibuat bisa dalam lingkup yang luas atau dalam lingkup yang sempit, tergantung dari kebutuham modal yang diperlukan.

  • Pinjaman dari Lembaga Keuangan

Untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan (baik lembaga bank maupun non bank), ada persyaratan-persyaratan komersial bisnis perbankan yang harus dipenuhi oleh koperasi namun di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, pinjaman komersial dari lembaga keuangan utuk badan usaha koperasi mendapat prioritas dalam persyaratan.

  • Obligasi dan Surat Utang

Untuk menambah modal, koperasi dapat menjual obligasi atau surat utang kepada masyarakat investor, maksudnya untuk mencari dana segar dari masyarakat umum diluar anggota koperasi. Mengenai persyaratan-persyaratan untuk menjual obligasi dan surat utang diatur dalam ketentuan otoritas pasar modal yang ada.

  • Sumber keuangan lain

Semua sumber keuangan, kecuali sumber keuangan yang berasal dari dana yang tidak sah, dapat dijadikan tempat untuk meminjam modal. Sumber-sumber yang mempunyai dana tersebut misalnya lembaga-lembaga yang dibentuk untuk memupuk dana diluar lembaga keuangan; asuransi, dana pensiun, dan lain-lain.

Pos-Pos Terbaru

Sumber – Sumber Permodalan

Sumber – Sumber Permodalan

Sumber – Sumber Permodalan

  1. Modal Dasar
  2. Modal pribadi

Dalam UU No. 12 Tahun 1967 Tentang pokok – pokok perkoperasian pasal 32 ayat 1 ditentukan bahwa modal koperasi itu terdiri dari dan dipupuk dari simpanan-simpanan, pinjaman-pinjaman, penyisihan-penyisihan dari hasil usahanya termasuk cadangan serta sumber-sumber lain. Kemudian dalam ayat 2 dikatakan bahwa simpanan anggota didalam koperasi terdiri dari: Simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan sukarela. Masing-masing jenis simpanan tersebut mempunyai tanggung jawab yang berbeda-beda terhadap kerugian yang mungkin terjadi atau bila mana koperasi itu kemudian dibubarkan. Jadi disini pengertian modal lebih dilihat dari segi wujud atau sebagai bukti (evidence).[11]

Masing – masing jenis simpanan tersebut dalam UU No. 12 Tahun 1967 diberikan definisi sebagai berikut :

1)   Simpanan pokok adalah sejumlah uang yang diwajibkan kepada anggota untuk diserahkan kepada koperasi pada waktu seseorang masuk menjadi anggota koperasi tersebut dan besarnya sama untuk semua anggota. Simpanan pokok ini tidak dapat diambil kembali selama yang bersangkutan masih menjadi anggota. Simpanan pokok ini ikut menanggung kerugian.

2)   Simpanan wajib adalah simpanan tertentu yang diwajibkan kepada anggota untuk membayarnya kepada koperasi pada waktu – waktu tertentu, misalnya ditarik pada waktu penjualan barang – barang atau ditarik pada waktu anggota menerima kredit dari koperasi dan sebagainya. Simpanan wajib ini tidak ikut menanggung kerugian.

Undang – Undang koperasi No. 25 Tahun 1992 ini sengaja tidak menyebut – nyebut adanya simpanan sukarela dalam permodalan koperasi, karena jenis simpanan ini sudah tersirat dalam modal pinjaman, seperti yang tertera dalam pasal 41 ayat 3, yang mengatakan bahwa modal pinjaman dapat berasal dari: anggota, koperasi lain atau anggotanya, bank dan lembaga keuangan lainnya, penerbitan obligasi dan surat hutang lainnya, sumber lain yang sah.

Tentang kemungkinan penghimpunan modal koperasi melalui penerbitan obligasi tampaknya masih sulit untuk dilaksanakan oleh koperasi melihat kondisi koperasi pada dewasa ini. Persyaratan-persyaratan yang pada dewasa ini masih sulit untuk bisa dipenuhi oleh koperasi. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya adalah:

  • Bagi emitan, harus mempunyai modal telah disetor penuh, sekurang-kurangnya 200 juta.
  • Dalam tahun buku terakhir secara berturut-turut memperoleh laba.
  • Laporan keuangan telah diperiksa oleh Akuntan Publik/ Negara untuk 2 tahun terakhir secara berturut-turut dengan pernyataan pendapat wajar tanpa syarat untuk tahun terakhir.
  • Memiliki rekomendasi dari Bank Indonesia mengenai jumlah obligasi yang dapat diterbitkan, jika perusahaan tersebut berupa bank.[12]

3)             Dana Cadangan

Dana cadangan ialah sejumlah uang yang diperoleh dari sebagian sisa hasil uasaha yang tidak dibagikan kepada anggota. Tujuannya dalah untuk memupuk modal sendiri (equity) yang dapat digunakan sewaktu-waktu apabila koperasi membutuhkan “dana segar” secara mendadak atau dapat digunakan untuk menutup kerugian dalam menjalankan usaha.

Sumber :

https://phpmag.net/samsung-galaxy-s8-bisa-dipakai-untuk-google-vr/

Aspek permodalan koperasi

Aspek permodalan koperasi

Aspek permodalan koperasi

  1. Arti Modal Bagi Koperasi

Dalam bab II, telah disebutkan bahwa dalam pemberian definisi dari koperasi, Prof. R. S. Soeriaatmadja telah memberikan penekanan pada “ koperasi adalah kumpulan dari orang-orang …..”.

Maksud dari pemberian penekanan tersebut adalah untuk menjelaskan bahwa koperasi itu bukanlah kumpulan dari modal (pemodal), seperti halnya pada perseroan terbatas, dimana besar kecilnya modal yang ditanam oleh peserta atau pemilik modal tersebut menentukan besar kecilnya hak suara seseorang anggota dalam kebijaksanaan dan dalam pengelolaan usaha perusahaan.

Modal jangka panjang diperlukan untuk penyediaan fasilitas fisik bagi koperasi, seperti untuk pembelian tanah, gedung, mesin-mesin dan kendaraan-kendaraan yang diperlukan oleh koperasi.

Modal jangka pendek diperlukan oleh koperasi untuk membiayai kegiatan operasional koperasi, seperti gaji, pembelian, bahan baku, pembayaran pajak dan asuransi, biaya penelitian, dsb. Dalam koperasi tersebut adalah koperasi simpan pinjam modal ini  diperlukan untuk pemberian pinjaman kepada anggota-anggota, modal kerja ini disebut juga sebagai circulating capital.

Dana pendirian atau pengorganisasian (organizational funds) digunakan untuk membiayai pengeluaran koperasi selama dalam proses pendirian atau pengorganisasian, sebelum organisasi bisa beroperasi seperti untuk izin pendirian, izin usaha, pembuatan anggaran dasar dan rencana kerja, dsb.

Menurut klasik, modal diartikan sebagai hasil produksi yang digunakan untuk memproduksi lebih lanjut. Dalam perkembangannya, pengertian modal mengarah kepada sifat non-physical, dalam arti modal ditekankan kepada nilai, daya beli atau kekuasaan memakai atau menggunakan yang terkandung dalam barang modal.

Ada beberapa prinsip yang harus dipatuhi oleh koperasi dalam kaitannya dengan permodalan, yaitu :

  1. Bahwa pengendalian dan pengelolaan koperasi harus tetap berada ditangan anggota dan tidak perlu dikaitkan dengan jumlah modal atau dana yang bisa ditanam oleh seseorang anggota dalam koperasi (member investors) dan berlaku ketentuan, satu anggota satu suara.
  2. Bahwa modal harus dimanfaatkan untuk usaha – usaha yang bermanfaat bagi anggota.
  3. Bahwa kepada modal hanya diberikan balasan jasa yang terbatas. Ini adalah sesuai dengan asas koperasi yaitu: “limited returns on ekuity capital”.
  4. Bahwa untuk membiayai usaha – usaha nya yang efisien, koperasi pada dasarnya membutuhkan modal yang cukup.
  5. Bahwa usaha – usaha dari koperasi harus dapat membantu pembentukan modal baru .
  6. Bahwa kepada saham koperasi (share), yang di Indonesia adalah ekuivalen dengan simpanan  pokok, tidak bisa diberikan suatu premis diatas nilai nominalnya, meskipun seandainya nilai bukunya bisa saja bertambah.

 

Sumber :

https://okabawes.co.id/lg-q6-mulai-pemasaran-global/

Oligosakarida

Oligosakarida

Oligosakarida merupakan gabungan dari molekul-molekul monosakarida yang jumlahnya antara 2 (dua) sampai dengan 8 (delapan) molekul monosakarida. Sehingga oligosakarida dapat berupa disakarida, trisakarida dan lainnya.

  1. Polisakarida

Polisakarida merupakan polimer monosakarida, mengandung banyak satuan monosakarida yang dihubungkan oleh ikatan glikosida. Hidrolisis lengkap dari polisakarida akan menghasilkan monosakarida. Polisakarida terdiri dari : Homopolisakarida ; dibentuk oleh monosakarida yang sama, misalnya molekul amilum dan glikogen. Amilum cadangan makanan pada sel tumbuhan sedangkan glikogen cadangan pada sel hewan.

Amilum ; terdiri dari amilosa dan amilopektin Glikogen ; merupakan polimer dari molekul glukosa. Pada sel hewan jumlahnya sangat sedikit. Tetapi pada mollusca, hati, otot banyak mengandung glikogen. Inulin ; zat ini banyak terdapat pada sel akar tumbuhan tertentu, polosakarida ini tergolong fruktosa yang dihidrolisis menghasilkan fruktosa. Selulosa ; adalah polimer dari sellobiosa dengan rumus kimia (C12H22O11). Sellulosa banyak terdapat pada dinding sel tumbuhan tinggi yang berfungsi sebagai pelindung sel

Pos-Pos Terbaru

Karbohidrat (sakarida)

Karbohidrat (sakarida)

  1. Karbohidrat (sakarida)

Karbohidrat berasal dari bahasa latin karbo=karbon dan hidrat= air. Karbohidrat tersusun dari 3 jenis unsure yaitu Karbon, Oksigen dan Hidrogen dengan rumus umum Cn(H2O)n. Melihat rumus empiris tersebut, maka senyawa ini dapat diduga sebagai ”hidrat dari karbon”, sehingga disebut karbohidrat. Rumus empiris seperti itu tidak hanya dimiliki oleh karbohidrat melainkan juga oleh hidrokarbon seperti asam asetat. Oleh karena itu suatu senyawa termasuk karbohidrat tidak hanya ditinjau dari rumus empirisnya saja, tetapi yang paling penting ialah rumus strukturnya. Dari rumus struktur akan terlihat bahwa ada gugus fungsi penting yang terdapat pada molekul karbohidrat yaitu gugus fungsi karbonil (aldehid dan keton).

Gugus-gugus fungsi itulah yang menentukan sifat senyawa tersebut. Berdasarkan gugus yang ada pada molekul karbohidrat, maka senyawa tersebut didefinisikan sebagai polihidroksialdehida dan polihidroksiketon. Istilah sakarida sendiri berasal dari bahasa latin dan mengacu pada rasa manis senyawa karbohidrat sederhana.

Karbohidrat ter bagi dalam 4 kelompok besar, yaitu :

  1. Monosakarida (CnH2nOn)

Monosakarida (dari Bahasa Yunani mono: satu, sacchar: gula) adalah senyawa karbohidrat dalam bentuk gula yang paling sederhana. Monosakarida yang tidak bias dihidrolisis menjadi bagian yang lebih kecil.Monosakarida digolongkan berdasarkan jumlah atom karbon yang dikandungnya (triosa, tetrosa, pentosa, heksosa)

v  Triosa

Triosa adalah monosakarida yang mengandung 3 atom karbon. Contoh : gliseraldehida dan dihidroksiaseton

v  Tertrosa

Tertrosa adalah monosakarida yang mengandung 4 atom karbon. Contoh : Erutrulose

v  Pentosa

Mengandung 5 atom karbon . didalam sel terdapat pada Asam Nukleat  (DNA, RNA) dan beberapa koenzim. Contoh : ribosa, dan deoksiribosa

v  Heksosa

Mengandung 6 atom karbon. Contoh : glukosa, fruktosa, dan galaktosa

  1. Disakarida

Disakarida adalah karbohidrat yang tersusun dari 2 molekul monosakarida, yang dihubungkan oleh ikatan glikosida. Ikatan glikosida terbentuk antara atom C 1 suatu monosakarida dengan atom O dari OH monosakarida lain. Hidrolisis 1 mol disakarida akan menghasilkan 2 mol monosakarida,

  1. Maltosa

     Maltosa adalah suatu disakarida dan merupakan hasil dari hidrolisis parsial tepung (amilum). Maltosa tersusun dari molekul α-D-glukosa dan β-D-glukosa.

Dari struktur maltosa, terlihat bahwa gugus -O- sebagai penghubung antarunit yaitu menghubungkan C 1 dari α-D-glukosa dengan C 4 dari β-D-glukosa. Konfigurasi ikatan glikosida pada maltosa selalu α karena maltosa terhidrolisis oleh α-glukosidase. Satu molekul maltosa terhidrolisis menjadi dua molekul glukosa.

 

Sumber :

https://apartemenjogja.id/android-o-diperkirakan-keluar-21-agustus/

Kekuatan militer dan perang (show of Force)

Kekuatan militer dan perang (show of Force)

Kekuatan militer dan perang (show of Force)

Peralatan militer yang memadai dapat menambah keyakinan dan stabilitas untuk berdiplomasi.  Diplomasi tanpa dukungan militer yang kuat dapat membuat suatu negara tidak memiliki rasa percaya diri sehingga tak mampu menghindari tekanan dan ancaman negara lain yang dapat mengganggu kepentingan nasionalnya.  Maka dengan demikian demontrasi senjata, latihan perang bersama kerap dilaksanakan untuk menampilkan kekuatannya.  Namun yang lebih diutamakan bukanlah perang tetapi tindakan preventif dalam hubungan internasional.

Asas-Asas Dalam Hubungan Internasional

 

  1. Asas Teritorial yaitu hak dari suatu Negara atas wilayahnya, berhak menegakkan hukum terhadap barang dan semua orang yang berada di wilayahnya.
  2. Asas Kebangsaan yaitu kekuasan Negara atas warga negaranya, setiap warga Negara dimanapun ia berada tetap mendapat perlakuan hukum dari negaranya. Asas ini memiliki kekuatan eksteritorial yaitu hukum Negara tersebut tetap berlaku bagi warga negaranya walaupun berada di Negara asing.
  3. Asas kepentingan umum Yaitu Negara dapat melindungi dan mengatur kepentingan dalam kehidupan masyarakat.  Negara dapat menyesuaikan diri dengan semua peristiwa yang ada hubungannya dengan kepentingan umum.  Hukum tidak terbatas oleh  wilayah suatu Negara.
    Sumber :https://aziritt.net/binar-academy-tawarkan-sekolah-coding-gratis/

CARA MENANAM CABE MERAH KRITING 

CARA MENANAM CABE MERAH KRITING 

CARA MENANAM CABE MERAH KRITING

CARA MENANAM CABE MERAH KRITING 
CARA MENANAM CABE MERAH KRITING

A. PENGELOLAHAN LAHAN UNTUK MEDIA TANAM

lahan terlebih dahulu harus di bajak atau di cangkul
buat bedengan sesuai dengan selera dan kebutuhan
taburkan kompos atau pupuk kandang secara merata dia atas bedengan
tabur dolomit diatas bedenga secara merata tujuan menaburkan dolomit ialah untuk mengurangi tingkat keasaman dari tanah tersebut
aduklah kompos dan dolomit yang sudah di taburkan di bedengan tersebut dengan menggunakan cangkul atau alat pengaduk lain.
rapikan bedangan. lalu tutup dengan mulsa penutupan bedengan dengan mulsa

B. PENANAMAN BIBIT/PENYEMAIAN BIBIT CABE

setelah semua langkah sudah di persiapkan maka penyemaian cabe siap di lakukan. penyemaian .proses penyemaian cabe juga tidaklah mudah,perlu ketelitian dan terdapat beberapa langkah yang harus di perhatikan. berikut adalah langkah-langkah yang harus di perhatikan ;
media penanaman bibit yang sudah sisiapkan sebaiknya di siram dulu agar tanah menjadi basah dan pastikan tanah benar-benar basah secara merata.
tabur bibit diatas media semai usahakan jangan terlalu kerap/rapat
tutup dengan tanah tipis-tipis kemudian siram
tutup dengan mulsa hitam lalu diamkan sampai lima hari . tunas cabe akan bermunculan
lakukan penyiraman secara rutin setelah cabai tumbuh.

Baca Juga: